Minggu, 22 Januari 2012 10:45:09

Gong Xi Fat Cai: Jaga Makan Agar Tetap Sehat

Gong Xi Fat Cai: Jaga Makan Agar Tetap Sehat

Beritabatavia.com - Berita tentang Gong Xi Fat Cai: Jaga Makan Agar Tetap Sehat

Sebagian saudara kita akan merayakan Imlek 2563, dan berbagai rangkaian acaranya sampai perayaan Cap Go Meh. Tahun baru Naga Air ini, memang muncul ...

Gong Xi Fat Cai: Jaga Makan Agar Tetap Sehat Ist.
Beritabatavia.com - Sebagian saudara kita akan merayakan Imlek 2563, dan berbagai rangkaian acaranya sampai perayaan Cap Go Meh. Tahun baru Naga Air ini, memang muncul berbagai ramalan menunjukkan buat bangsa Asia termasuk di Indonesia akan diprediksi terdapat peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan.

Hal ini juga ternyata sejalan dengan ramalan  para analis perekonomian bahwa bangsa-bangsa Asia, akan terus menanjak perekonomian sedang bangsa2 Eropa diprediksi sebaliknya perekonomiannya menurun.

Kemakmuran dan kesejahteraan dapat dilihat dari ramainya mall, tempat rekreasi, stasiun, terminal dan bandara sepanjang liburan ini. Selain itu, seseorang yang punya uang akan juga membelanjakan uangnya untuk makan yang enak.

Buat sebagian besar masyarakat kita makan yang enak adalah  makan dengan lauk pauk yang melimpah, sea food yang tinggi purin dan kolesterol, makanan yang tinggi lemak dan yang gurih dan asin karena tambahan penyedap khususnya Monosodium Glutamat (MSG), ungkap
Ari Fahrial Syam, Praktisi Klinis di Jakarta, Minggu (22/1).

MSG dan makanan tinggi garam, lanjut dia, harus dihindari bagi masyarakat yang mempunyai masalah dengan tekanan darahnya. 

Juga Kue yang menjadi favorit dalam pesta-pesta tahun baru umumnya kue2 yang mengandung coklat dan keju yang berlebihan. Walau sebenarnya  kue yang populer dalam perayaan Imlek adalah kue keranjang yang sebagian  besar mengandung tepung beras dan gula jawa.

Saya kebetulan tinggal di perumahan yang 95 % orang Tioghoa dan melihat bahwa mereka yang kebetulan tidak keluar kota lebih memilih untuk makan diluar rumah di restoran2 dan food court di Mall sekitar kompleks, paparnya.

Kondisi makan dengan tinggi lemak, tinggi kolesterol dan tinggi purin serta asin2 jelas merupakan makanan yang tidak sehat khususnya bagi masyarakat yang sudah mempunyai masalah berupa kolesterol tinggi, kadar asam urat yang tinggi, obesitas, hipertensi, penyakit Diabetes Mellitus atau kelompok masyarakat dengan riwayat keluarga dengan kondisi-kondisi yang sebutkan tadi.

Pesta pasti akan dilalui tinggal bagaimana kita mensiasati agar kita tetap sehat, tetap perhatikan makan, konsumsi sayur mayur dan buah-buahan (buah dan sayur mayur akan membuat lambung kita cepat penuh dan cenderung kita tidak akan menambah makan lagi, katanya

Juga, lanjuta dia serat yang terkandung dalam sayur dan buah2an akan mengurangi asapun gula dan lemak di usus halus, memperlancar Buang air besar/BAB  dimana banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak cenderung membuat kita sulit BAB), banyak minum dan tetap berolahraga.

Mudah2an kita semua tetap sehat punya uang bukan berarti selalu makan enak, uang akan menjadi tidak berarti kalau kita sehat, karena akan begitu banyak pantangan kalau kita mempunyai berbagai permasalahan, tuturnya sambil menambahkan Pesta juga tidak selalu penuh dengan makan enak, karena makna pesta adalah berkumpul dan saling bertemu. o end




Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 29 Maret 2023
Sabtu, 25 Maret 2023
Jumat, 24 Maret 2023
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Minggu, 01 Januari 2023
Selasa, 27 Desember 2022
Minggu, 20 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 13 Agustus 2022
Sabtu, 04 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022