Minggu, 06 Juni 2010 11:18:52

Tuntut Ilmu Sampai Cina, Gratis!

Tuntut Ilmu Sampai Cina, Gratis!

Beritabatavia.com - Berita tentang Tuntut Ilmu Sampai Cina, Gratis!

Sebuah universitas di kota Chongqing, Cina, Chongqing Medical University (CQMU), membuka kesempatan untuk kuliah gratis melalui beasiswa bagi pelajar ...

Tuntut Ilmu Sampai Cina, Gratis! Ist.
Beritabatavia.com - Sebuah universitas di kota Chongqing, Cina, Chongqing Medical University (CQMU), membuka kesempatan untuk kuliah gratis melalui beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin menjadi dokter baik kedokteran umum (S1) maupun spesialis (S2).
Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih detil mengenai beasiswa dan program-program pendidikan di Cina, bisa hadir dalam seminar terbuka tanpa dipungut biaya yang digelar di Novotel Mangga Dua Square Jakarta pada 12 dan 13 Juni dari jam 13.00 hingga 17.00 WIB.
Menurut Ketua Pertukaran Mahasiswa Beijing Language & Culture Institute (BLCI), Samuel Wiyono MBA, seminar akan menghadirkan pembicara Prof Dr Lei Han, rektor CQMU, dan Ms. Ellen Liao dari South China University of Technology (SCUT) Guangzhou, serta Ms. Helen Li dari Blue Mountains Hotel School-Suzhou.
China Education Seminar 2010 tersebut diselenggarakan sebagai rangkaian Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Cina, kata Samuel Wiyono dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, (6/6).
Chongqing Medical University, menawarkan beasiswa kepada para pelajar Indonesia untuk kuliah di program International dengan mengggunakan bahasa Inggris bidang studi kedokteran barat, baik kedokteran umum (MBBS) maupun spesialis (Master), jadi bagi yang belum menguasai bahasa Mandarin dapat langsung kuliah program gelar sehingga dapat menghemat waktu dan biaya, kata Samuel.
Ia menjelaskan bahwa CQMU merupakan universitas Pemerintah khusus program kedokteran barat terkemuka di Cina, didirikan pada tahun 1956, sebagai cabang dari Shanghai First Medical College (sekarang Shanghai Medical College Fudan University).
Universitas di bidang kedokteran bertaraf internasional ini berada di Kota Chongqing yg berpenduduk berkisar 30 juta, dan telah mendapat pengakuan dari Kementrian Pendidikan China (Chinese Ministry Education), serta terdapat didaftar universitas ECFMG USA (Komite Pendidikan Lulusan Kedokteran Luar Negeri Amerika) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

Hanya Bayar Biaya Hidup
Melalui beasiswa itu, mahasiswa Indonesia yang kuliah di fakultas kedoteran CQMU tidak perlu membayar uang kuliah alias gratis. Biaya yang dikeluarkan paling hanya untuk transportasi, dokumen, biaya hidup sehari-hari dan tempat tinggal.
Biaya hidup dan tempat tinggal kurang lebih sama bahkan cenderung lebih rendah dibandingkan biaya hidup di Jakarta, jelasnya.
Samuel menyontohkan, untuk 3 kali makan per orang sehari biasanya berkisar 20 RMB (yuan)(setara Rp 27.000,- dengan kurs 1 RMB = Rp 1.350,-), sedangkan sewa kamar di kampus untuk 2 orang berkisar 4.800 RMB/tahun (+ Rp 6,5 juta/tahun).
Bila tanpa beasiswa, biaya kuliah di CQMU untuk program Kedokteran Umum sebesar 25 ribu RMB per tahun, sedangkan untuk program kedokteran spesialis 30 ribu RMB per tahun. Namun mahasiswa tidak usah membayar uang pangkal, uang gedung, atau pun sumbangan. O ant/brn


Berita Lainnya
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024
Jumat, 15 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024