Rabu, 24 Maret 2010

Hermansyah Lewati Babak Pertama Kejuaraan Asia

Ist.
Beritabatavia.com - JAKARTA, Kompas.com - Pebulutangkis tunggal putra Hermansyah membukukan kemenangan mudah pada putaran pertama nomor perorangan Kejuaraan Asia U-19 (di bawah 19 tahun) untuk melangkah ke babak berikutnya.

Pemain Pelatnas Pratama itu hanya membutuhkan waktu 13 menit untuk menyisihan pemain Kamboja Khlaychhit Leng 21-11, 21-4 dalam pertandingan di Bukit Kiara, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu petang. Pada putaran kedua, Hermansyah bertemu pemain Irak O Saad Mohammed yang mendapat bye pada putaran pertama.

Hermansyah adalah satu-satunya tunggal putra Indonesia yang harus melalui putaran pertama karena tiga pemain lainnya yakni, unggulan 3/4 Evert Sukamta, unggulan 9/16 Riyanto Subagja, dan Shehar Hiren Rhustavito semuanya langsung maju ke putaran kedua.

Pada nomor ganda campuran, dua pasangan Indonesia melaju ke babak 32 besar setelah pasangan wahyu Nayaka/Suci Rizki Andini mengalahkan Omal Vishwanath Dharmawardene/Upuli Samanthika dari Sri Lanka 21-11, 21-8, dan Jones Ralfi Jansen/Tiara Rosalia Nuraidah yang menang atas Huang Chao/Cheong Hui Min dari Singapura 21-15, 21-11.

Selanjutnya, Wahyu/Suci akan melawan unggulan 5/8 asal Thailand Pisit Poodchalat/Narissapat Lam, sedangkan Jones/Tiara menantang pasangan Taiwan Lin Chia Yu/Lee Fang Yu.

Adapun Ricky Karanda yang berpasangan dengan Wahyu Nayaka pada ganda putra, meraih kemenangan pertama 21-11, 21-10 atas Arslan Khan/Irfan Saeed Muhammad dari Pakista untuk bertemu pasangan China Liu Cheng/Chen Zhuofu pada babak berikutnya.

Sebelumnya, pada final nomor beregu, tim China meraih gelar juara setelah mengalahkan juara bertahan Malaysia 3-2. Final tersebut merupakan ulangan final tahun lalu saat China ditundukkan Malaysia 1-3.

Tim Indonesia tersisih pada babak empat besar, selasa, setelah dikalahkan China 2-3. Atas hasil tersebut, Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto menilai prestasi yang diraih para pemain junior tersebut cukup baik karena berhasil memperbaiki hasil yang dicapai tahun lalu saat tim Merah Putih disisihkan China di perempatfinal dengan kekalahan 0-3.

"Hasil yang diraih para pemain cukup maksimal karena di luar dugaan kalah tipis dari China di semifinal dan berhasil mengalahkan tim Korea, yang kita anggap cukup kuat, 3-0 di perempatfinal," katanya. "Ini berarti kita maju selangkah dari tahun lalu (saat tersingkir di perempatfinal). Mudah-mudahan pada nomor perorangan mereka bisa berhasil meraih medali emas," tambah Yacob.