Rabu, 22 Agustus 2012 22:59:03

Monas Tempat Wisata Murah Meriah

Monas Tempat Wisata Murah Meriah

Beritabatavia.com - Berita tentang Monas Tempat Wisata Murah Meriah

Monumen Nasional (Monas) terletak di tengah Jakarta Pusat dan berseberangan dengan Istana Negara, dulunya adalah lapangan sepakbola Ikada. Dibangun ...

Monas Tempat Wisata Murah Meriah Ist.
Beritabatavia.com - Monumen Nasional (Monas) terletak di tengah Jakarta Pusat dan berseberangan dengan Istana Negara, dulunya adalah lapangan sepakbola Ikada. Dibangun pada masa Presiden Soekarno.

Sekarang, menjadi salah satu obyek wisata murah meriah untuk mengisi liburan warga Jakarta dan sekitarnya serta warga dari daerah dan manca negara.  Monas mudah di akses dari segala arah. Dengan naik Transjakarta/bus way dari pusat halte Harmoni, Anda bisa turun di halte Balaikota, atau Gambir I dan Gambir II. Ongkos masuk Monas cukup murah yaitu dengan biaya masuk sebesar Rp 2.500 untuk satu orang dewasa dan Rp 1.000 bagi setiap pelajar dan anak-anak.

Jam operasional Monas yakni pukul 08.00-15.00 WIB, tapi spesial pada hari libur dibuka sampai pukul 17.30. Pada hari biasa, Monas cukup ramai dan saat liburan akan meningkat tajam bahkan menembus angka belasan ribu pengunjung.  Rata-rata pengunjung antara 2.500-3.000 orang, jika weekend atau hari libur bisa meningkat 5 kali lipat. Menurut Kepala UPT Monas, Rini H, hari Rabu (22/8) pengunjung Monas mencapai lebih dari 13 ribu orang.

Pada malam sabtu dan malam minggu ada pertunjukan air mancur menari yang dapat di saksikan secara gratis di sisi Barat Monas atau menghadap jalan Medan Merdeka Barat.

Dalam kompleks Monas bisa Anda saksikan ruangan museum sejarah, yang terletak tiga meter di bawah halaman tugu Monas, yang mempunyai ukuran luas 80 meter persegi. Ada juga ruang kemerdekaan yang berbentuk amphiteater, yang terletak di dalam cawan tugu Monas.

Dalam ruangan ini, Anda dapat menyaksikan empat atribut kemerdekaan Republik Indonesia di antaranya, Peta Kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Lambang Negara Bhineka Tunggal Ika, Bendera Sang Saka Merah Putih, serta Naskah Proklamasi Kemerdekaan yang berada di pintu gapura.

Ingin naik hingga kepuncak Monas dan menyaksikan kota Jakarta dari ketinggian, cukup membayar uang masuk sebesar Rp 7.500 bagi dewasa dan Rp 3.500 bagi pelajar dan anak-anak. Tentu saja cukup seru naik pelataran puncak tugu Monas yang terletak pada ketinggian 115 meter dengan kapasitas tampung sebanyak 50 orang, yang dapat ditempuh dengan elevator tunggal. Namun bagi pengunjung harap bersabar, karena elevator hanya dapat mengangkut sebanyak 11 orang untuk sekali jalan.

Dari puncak, pengunjung bisa melihat pemandangan penjuru kota Jakarta dan ada teropong di empat sisi terali besi untuk memandang kota Jakarta hingga melihat kapal-kapal yang berlabuh di Tanjung Priok dan Anda bisa melihat juga Istana kepresidenan bila menghadap jalan Medan Merdeka Utara.

Ada dua kereta wisata untuk mengangkut para pengujung masuk monumen nasional. Kereta wisata berfungsi mengantarkan penumpang dari lapangan parkir Irti di depan Monas ke mulut terowongan masuk area Monas. Kereta wisata yang masing-masing berkapasitas 36 orang ini gratis bagi pengunjung, dengan menunjukkan tiket masuk Monas. Tapi tentu saja setiap penumpang yang mau menggunakannya harus mengantri karena peminatnya sangat banyak.

Toilet Monas Kotor Dan Bau Pesing

Amat disayangkan kondisi kamar mandinya kurang bersih, air tergenang, keran wastafel macet dan bengkok, malah jadi tempat simpanan minuman bagi koperasi yang berjualan di sisi loket masuk.

Seharusnya pihak pengelola menyediakan kereta wisata yang lebih banyak lagi, minimal tambahan 10 kereta baru untuk mengantisipasi jumlah pengunjung dan peminat kereta wisata Monas yang cukup banyak.

Taman Monas cukup teduh dan banyak pepohonan rindang, membuat sebagian masyarakat berolahraga di pagi hari dan sore hari. Malah malam hari ramai juga yang bermain basket dan sepak bola serta bermain layang-layang. O brn
Berita Lainnya
Senin, 25 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
Minggu, 24 Maret 2024
Sabtu, 23 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024