Jumat, 16 Juli 2010 05:54:41

Koperasi Jadi Tonggak Ekonomi Rakyat

Koperasi Jadi Tonggak Ekonomi Rakyat

Beritabatavia.com - Berita tentang Koperasi Jadi Tonggak Ekonomi Rakyat

SURABAYA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan di era gloobalisasi seperti sekarang ini keberadaan koperasi masih sangat diperlukan dan ...

Koperasi Jadi Tonggak Ekonomi Rakyat Ist.
Beritabatavia.com - SURABAYA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan di era gloobalisasi seperti sekarang ini keberadaan koperasi masih sangat diperlukan dan tetap penting. Pasalnya, sejak Indonesia membangun keberadaan koperasi telah terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengurangi angka kemiskinan. Selama ini, kata Kepala Negara, pertumbuhan ekonomi bukan hanya disumbang oleh usaha swasta menengah dan besar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Uaha Milik Daerah (BUMD), tetapi sangat ditentukan oleh ekonomi yang disumbang oleh ekonoki rakyat, yakni gerakan koperasi dan usaha kecil menengah (UKM). Karena itulah,Lebih lanjut Presiden mengatakan, seperti di Negara-negara berkembang lainnya, Indonesia masih menghadapi masalahkemiskinan dan pengangguran. Berkat koperasi dan UKM, angka pengangguran dan kemiskinan dari tahun ke tahun semakin berkurang. Karena itulah, kata Presiden, pemerintah berani mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk mendorong berkembangnya koperasi dan UKM. Sejak 2005 pemerintah telah mengeluarkan anggaran mencapai puluhan triliun rupiah. Sebab, pemerintah yakin bahwa koperasi dan UKM merupakan salah satu cara paling efektif untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.
Pada Harkop ke-63 dengan tema Koperasi Bangkit untuk Kesejahteraan Rakyat itu Presiden mengakui bahwa sebagian besar koperasi di Indonesia sudah cukup baik. Sedangkan yang kurang baik jumlah relatif sedikit. Kopersi yang kurang baik itu, lebih disebabkan karena manajemen dan sumber daya manusianya masih belum seperti yang diharapkan atau professional. Selain itu, permodalannya pun sering tidak mencukupi dan produknya belum memiliki daya saing yang tinggi. Karena itu lah, Presiden meminta kepada koperasi-koperasi yang masih kurang baik tersebut ke depan untuk terus diperbaiki dan ditingkatkan. "Karebna itu saya mengintruksikan dan mengajak pejabat-pejabat terkait, untuk tahun-tahun mendatang benar-benar serius mengatasi masalah-masalah itu agar koperasi kita terus tumbuh dan berkembang, katanya.
Terkait dengan terus berkembangnya pasar modern di sejumlah daerah, Presiden meminta kepada Menteri Perdadangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koperasi dan UKM untuk menjaga eksistensi pasar tradisional. Menurutnya, pasar modern tidak dilarang, tetapi walikota dan bupati harus mengaturnya dengan baik. Keberadaan pasar modern jangan sampai mematikan pasar tradisional."Agar pasar tradisional tersebut tetap bisa eksis, selain ada pengaturan dengan pasar modern, pengelola pasar tradisonal harus selalu menjaga kebersihan, kesehatan, kenyaman dan ketertibannya, kata dia.
Pemerintah, lanjutnya, terus Dengan bantuan dana KUR tersebut, diharapkan ke depan kesejahteraan semakin naik, kemiskinan dan penganguran makin menurun. Untuk itu, Presiden meminta kepada pihak terkait agar koperasi dan UKM ke depan semakin baik dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat, khususnya anggotanya.Jumlah koperasi harus ditambah, sebab dapat dilakukan di berbagai komunitas. Misalnya, komunitas petani, nelayan, pekerja, TNI, Poldari dan pegawai negeri sipil. o did

Berita Lainnya
Rabu, 10 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023