Jumat, 24 Juli 2015 14:56:24

Kali Ciliwung bakal Jadi Obyek Wisata

Kali Ciliwung bakal Jadi Obyek Wisata

Beritabatavia.com - Berita tentang Kali Ciliwung bakal Jadi Obyek Wisata

 Kali Ciliwung bakal diberdayakan lagi menjadi obyek wisata. Mengingat di zaman Belanda atau Batavia, menjadi kawasan wisata yang pernah jaya. ...

Kali Ciliwung bakal Jadi Obyek Wisata Ist.
Beritabatavia.com -  Kali Ciliwung bakal diberdayakan lagi menjadi obyek wisata. Mengingat di zaman Belanda atau Batavia, menjadi kawasan wisata yang pernah jaya. Terbukti  hingga kini masih peninggalan bangunan cagar budaya zaman Belanda di kawasan Pasar Rebo juga Villa Nova yang merupkan peninggalan zaman penjajah.

Sungai Ciliwung merupakan harta DKI sehingga fungsinya harus dikembalikan seperti semula. Saya ingin aset-aset di sekitar Ciliwung, seperti bangunan cagar budaya peninggalan zaman Belanda dan Villa Nova bisa dibenahi lagi, karena hingga kini terbengkalai akibat  terbakar pada tahun 1985, papar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Aset-aset penting di sekitar Ciliwung, sambung mantan Bupati Belitung Timur, sudah berantakan sejak zaman Gubernur DKI Ali Sadikin. Dan ingin mengembalikan aset-aset yang berantakan sesuai fungsinya sebagai tempat wisata, tempat konservasi dan ekosistem. Bahkan dibangun Taman Keanekaragaman Hayati di sepanjang Kali Ciliwung, terutama yang masuk wilayah DKI. Kita mulai kerjain dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub). Ciliwung kan dari dulu sejarahnya sudah ditinggalin orang. Daya tampung sudah nggak sanggup lagi, makanya orang yang tinggal di Ciliwung harus dipindahin, jelasnya.

Sebetulnya, Ciliwung ini hartanya DKI Jakarta. Kalau dibenahi sekaligus diberdayakan dengan bagus, bahkan dihijaukan ke hulu yang terletak di kawasan Condet, sehingga kondisi Ciliwung bisa lebih baik, asri  dan sejuk. Memang untuk ini kita harus kerja sama dengan Bogor, Cianjur. Bahkan melibatkan komunitas pecinta Ciliwung, seperti Komunitas Ciliwung-Condet untuk mengembalikan aset-aset itu, ucapnya.

Selain itu, melibatkan beberapa dinas seperti Dinas Tata Air, Dinas Perumahan dan Gedung Pemda, Dinas Pertamanan dan Pemakaman, dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). Saat ini pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Kodam dan Kopassus untuk membenahi Ciliwung menjadi tempat wisata baru yang lebih baik lagi, tambahnya.

Khusus yang di hulu, sambung Basuki, pihaknya tidak ingin dipasang sheet pile agar alami. Sheet pile hanya dipasang di aliran sungai yang melintas di daerah kota saja. Jadi daerah atas kita harus kuasai pinggir-pinggir sungai. Kalau tidak dikuasai, didudukin orang. Kalau dikuasai, bisa suruh dinas taman, pertanian, komunitas apa bisa masuk," lontarnya. o ndy

Berita Lainnya
Senin, 25 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
Minggu, 24 Maret 2024
Sabtu, 23 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024