Jumat, 20 Agustus 2010 14:46:42

Pidato Presiden SBY Sebuah Revolusi Menabjubkan

Pidato Presiden SBY Sebuah Revolusi Menabjubkan

Beritabatavia.com - Berita tentang Pidato Presiden SBY Sebuah Revolusi Menabjubkan

Walau menuai banyak kritik yang berbasiskan selera, like and dislike dari berbagai kalangan, namun pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang ...

Pidato Presiden SBY Sebuah Revolusi Menabjubkan Ist.
Beritabatavia.com - Walau menuai banyak kritik yang berbasiskan selera, like and dislike dari berbagai kalangan, namun pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan RI kemarin adalah sebuah penegasan politik bahwa perjuangan kemerdekaan 1945 adalah re volusi yang menakjubkan di abad ke-20.

Revolusi ini bukan saja menuntut kemerdekaan dan kedaulatan, namun juga menuntut kebebasan, emansipasi dan kerakyatan. Revolusi Indonesia, juga ikut menyalakan api perlawanan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika terhadap penjajahan, dan menghasilkan arus dekolonisasi yang mengubah peta politik dunia.
Tersirat, Presiden ingin menegaskan bahwa revolusi 1945 itu ternyata belum selesai, dan harus tetap dilanjutkan walaupun revolusi dilaksanakan secara diam-diam (the quiet revolution), berupaya memenuhi cita-cita revolusi 1945.

Sesuai dengan hukum perkembangan, walaupun saat ini telah mendapatkan berbagai capaian di bidang sosial, ekonomi dan politik, namun pemerintah juga harus me ngakui bahwa berbagai masalah persoalan bangsa justru berkembang semakin kompleks. Tentu saja, pemerintah tanpa keterlibatan rakyat tidak akan pernah mampu mengatasi kompleksitas masalah dan persoalan itu.

Semua kritik adalah masukan sangat penting dan berguna bagi proses penuntasan revolusi Indonesia. Sudah jelas arah revolusi adalah menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera yang hanya bisa dibangun di atas sistem masyarakat yang kokoh dan berdaulat di negeri sendiri.

Untuk itu, Presiden hanya ingin mengingatkan dan mendeklarasikan bahwa revolusi hanya bisa dicapai dengan segera melakukan pembenahan mengatasi berbagai masalah dan persoalan.
Dalam RPJMN, telah ditetapkan secara konkret berbagai sasaran pembangunan dengan sejumlah prioritas nasional. Mulai dari reformasi birokrasi dan tata kelola; pendidikan; kesehatan; penanggulangan kemiskinan; hingga ketahanan pangan.

Ditegaskan pula prioritas di bidang infrastruktur; iklim investasi dan usaha; energi; lingkungan hidup; pengelolaan bencana; serta pembangunan di daerah tertinggal, terdepan, terluar dan pasca-konflik. Juga tidak kalah pentingnya adalah adalah soal kebudayaan dan inovasi teknologi. Selain itu, ditetapkan pula prioritas lainnya di bidang Politik, Hukum dan Keamanan, di bidang Ekonomi, serta di bidang Kesejahteraan Rakyat.
Untuk mempercepat kebijakan politik di atas, maka presiden menerbitkan dua Instruksi Presiden tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional, dan tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan.

Pembangunan Untuk Semua

Sudah saatnya kesejahteraan (prosperity) rakyat dibangun di atas prinsip Pembangunan untuk Semua (Development for All). Karena, tidak ada gunanya pembangunan kalau rakyat semakin miskin dan marginal. Tidak ada gunanya pertumbuhan kalau jurang antara si kaya dan si miskin semakin lebar. Oleh karena itulah, kita mengusung pembangunan yang inklusif, untuk seluruh lapisan masyarakat, baik yang di kota maupun di desa.

Adalah tantangan bagi pemerintah untuk bekerja lebih keras dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, menciptakan kesempatan kerja, menghilangkan kemiskinan, meningkatkan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan infrastruktur, dan memberikan pelayanan publik.
Untuk itu, di usia 65 tahun proklamasi kemerdekaan ini, Presiden menegaskan dan mendeklarasikan perluasan dan memperdalam cakupan pembangunan di bidang kesejahteraan, dengan memastikan program-program pro rakyat dengan jumlah yang lebih besar dengan sebaran yang lebih luas.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai program yang menyentuh langsung masyarakat kelas bawah, terus diperluas. Jangkauan pelayanan ditambah, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil.
Melalui anggaran yang berkelanjutan, dalam lima tahun ke depan sampai 2014, disediakan dana Rp 100 triliun, atau Rp 20 triliun setiap tahunnya bagi kepentingan KUR. Kita berharap, kebijakan ini dapat menjadi langkah terobosan yang secara fundamental dapat menurun kan kemiskinan.

Kita juga berharap seluruh rakyat dalam waktu dekat segera mendapatkan pelayanan kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Dengan begitu, seluruh rakyat terbebaskan dari biaya pelayanan kesehatan untuk semua penyakit dari puskesmas sampai rumah sakit di seluruh Indonesia, karena sudah dijamin oleh negara dan dijalankan langsung oleh pemerintah.
Sebaliknya, tentu saja rakyat perlu mendukung niat pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 menjadi sebesar 7 hingga 7,7 persen. Karena hanya dengan dukungan rakyat secara menyeluruh, target peningkatan ekonomi bisa tercapai.

Percepatan laju pertumbuhan ekonomi ini diharapkan mampu memperluas lapangan kerja, dan menurunkan tingkat pengangguran. Dalam empat tahun ke depan, ditargetkan 10,7 juta lapangan kerja baru, serta menurunkan tingkat kemiskinan menjadi sekitar 8-10 persen pada akhir 2014.
Dukungan dan keterlibatan rakyat dalam membangun ekonomi adalah dasar utama peningkatan investasi, baik investasi lokal maupun investasi asing. Kita harus memastikan, bahwa semua kebijakan investasi dapat menggerakkan perekonomian nasional yang mampu mensejahterakan rakyat.

Presiden juga menyerukan agar kemajemukan saat ini harus dapat menjadi kekuatan pendorong kemajuan. Presiden menggarisbawahi perlunya menjaga dan memperkuat persaudaraan, kerukunan, dan toleransi sebagai bangsa.
Sudah seharusnya pihak penegak hukum dan pemerintah daerah bertindak menghentikan semua ancaman dan kekerasan agar setiap warga negara dapat menjalani kehidupannya secara tenteram dan damai, sesuai dengan hak yang dimilikinya. Dengan semua itu, kita tuntaskan tugas-tugas revolusi 1945. O Andi Arief
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 29 April 2022
Selasa, 01 Maret 2022
Minggu, 30 Januari 2022
Jumat, 28 Januari 2022
Selasa, 02 November 2021
Rabu, 25 Agustus 2021
Jumat, 23 Juli 2021
Rabu, 16 Juni 2021
Jumat, 07 Mei 2021
Kamis, 11 Maret 2021
Selasa, 12 Januari 2021
Jumat, 11 Desember 2020