Sabtu, 24 September 2016 17:35:29

Keamanan Ikon Peradaban

Keamanan Ikon Peradaban

Beritabatavia.com - Berita tentang Keamanan Ikon Peradaban

Keamanan dan rasa aman sering dianggap hal biasa, atau sebagai pelengkap saja. Kemajuan atau meningkatnya kualitas hidup masyarakat salah satu faktor ...

Keamanan Ikon Peradaban Ist.
Beritabatavia.com - Keamanan dan rasa aman sering dianggap hal biasa, atau sebagai pelengkap saja. Kemajuan atau meningkatnya kualitas hidup masyarakat salah satu faktor penentunya adalah keamanan dan adanya rasa aman.

Kita sering mendengar upaya-upaya meningkatkan investasi di suatu daerah,tatkala keamanan tdk menjd jaminan, maka para investor akan ragu atau bahkan takut menanamkan investasinya.

Belum lagi tatkala political will para aparaturnya dan para pemangku kepentingan lainya tidak peduli akan keamanan maka akan semakin terpuruklah tingkat kualitas hidup masyarakatnya.

Sejalan dengan pemikiran di atas keamanan semestinya menjadi sesuatu yang menjadi pilar bagi majunya suatu masyarakat. Bisa dibayangkan kalau tidak ada satu daerah pun yang mampu berani mendeklarasikan daerahnya aman, dapat diprediksi model preman meraja lela dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Hidup dan kehidupan sosial tatkala masih dikelola ala preman maka peradaban tidak ada kemajuan. Preman dalam konteks ini adalah seseorang atau sekelompok orang yang hidup dengan cara: memeras, menjadi backing hal ilegal, suap menyuap, melakukan tindakan kekerasan atau ancaman kekerasan (fisik maupun simbolik) dari para kaum produktif (pengusaha atau yang membuka usaha).

Preman bisa juga dikaitkan usaha-usaha bisnis yang sarat dengan pemaksaan dan tekanan, ancaman atau tindak kekerasan untuk mendominasi sumber-sumber daya dan membuat klien-kliennya mau tidak mau mengikuti apa maunya.

Cara-cara preman bisa saja bertopeng primordial (sara) untuk pembenaran , terus melanggengkan dan melegalkan apa yang dilakukan. 

Pola-pola pengamanan tatkala masih dikelola ala preman maka rasa aman tidak akan terwujud. Aman tetapi dipalak, aman tetapi harus dalam tekanan, ancaman. Keamanan dan rasa aman dalam suatu masyarakat yang modern dan demokratis tidak boleh lagi ada gaya-gaya preman untuk mengamankan, akan menjadi kontra produktif dan menyebabkan cost semakin mahal.O Kombes DR Chrysnanda DL

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 29 April 2022
Selasa, 01 Maret 2022
Minggu, 30 Januari 2022
Jumat, 28 Januari 2022
Selasa, 02 November 2021
Rabu, 25 Agustus 2021
Jumat, 23 Juli 2021
Rabu, 16 Juni 2021
Jumat, 07 Mei 2021
Kamis, 11 Maret 2021
Selasa, 12 Januari 2021
Jumat, 11 Desember 2020