Kamis, 26 Januari 2017

ITW : Debat Pilkada Prioritaskan Kemacetan

Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) berharap debat terbuka Pilkada DKI yang akan digelar pada Jumat 27 Januari 2017, dimanfaatkan oleh pasangan calon bisa untuk memaparkan  programnya mengatasi permasalahan lalu lintas khususnya kemacetan. KPU DKI dan moderator serta panelis hendaknya memberikan keleluasaan bagi pasangan calon, agar warga DKI memilih pemimpinnya tidak seperti beli kucing dalam karung.

“Permasalahan lalu lintas khususnya kemacetan sudah dalam kondisi gawat darurat, bahkan potensi menuai konplik. Dibutuhkan pemimpin yang memiliki kompentensi dan strategi serta menjadikan permasalahan lalu lintas sebagai prioritas utama yang harus dikerjakan,” kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Kamis (26/1).

Menurutnya, permasalahan lalu lintas tidak sama dengan kasus tindak pidana seperti korupsi dan pembunuhan yang terkadang penyebabnya tidak terlihat sehingga sulit diungkap. Sedangkan penyebab permasalahan lalu lintas nyata dan jelas terlihat. Sehingga kalau permasalahan lalu lintas masih terus terjadi, dapat dipastikan karena penyebabnya tidak disentuh,atau belum dipahami.

ITW mengajak warga Jakarta untuk memilih pasangan calon yang memahami dan memiliki kompentensi untuk mengatasi kemacetan dan permasalahan lalu lintas lainnya. Seperti maraknya berbagai jenis angkutan umum illegal yang terkesan dibiarkan, padahal potensi menuai konflik ditengah-ditengah masyarakat.
 
Edison mengingatkan, mengatasi permasalahan lalu lintas  tidak cukup hanya membangun infrastruktur dan sarana prasarana. Sebab,ketersediaan angkutan umum tidak akan efektif jika tidak disertai dengan pengendalian populasi kendaraan bermotor hingga ideal dengan daya tampung ruas dan panjang jalan. Bahkan, kecanggihan teknologi akan menjadi kurang bermanfaat apabila masyarakat belum memahami dan menjadikannya sebagai kebutuhan.

“Ketersediaan akan efektif jika masyarakat sudah menjadikannya sebagai kebutuhan,sehingga lahir dan tumbuh kesadaran sendiri untuk memelihara dan menaati aturan,” kata Edison.

Dikatakan,keamanan,keselamatan,ketertiban,kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas akan terwujud, apabila program dan upaya yang dilakukan pemerintah dianggap masyarakat menjadi kebutuhan. Sehingga lahir kesadaran rasa memiliki yang harus dipelihara dan kesadaran untuk menaati ketentuan demi tercapainya kepentingan bersama. OIki

Berita Terpopuler