Kamis, 16 Februari 2017

Unggul di Kepulauan Seribu, PDIP Sebut Cermin Nurani Rakyat

Ist.
Beritabatavia.com - PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengomentari kemenangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di Kepulauan Seribu versi situs kawalpilkada.id. Ketua DPP PDIP Andreas Pareira menyebut kemenangan itu cermin hati nurani rakyat dalam memilih pemimpinnya. "Itulah suara nurani masyarakat," kata Andreas melalui pesan singkat, Kamis (16/2).

Hasil Pilkada DKI di Kepulauan Seribu menarik disoroti karena di wilayah tersebut, tepatnya di Pulau Pramuka, Ahok terjerat kasus penistaan agama setelah dirinya mengutip surat Al Maidah ayat 51 pada 27 September 2016 lalu. Akibat pidatonya itu, Ahok didemo oleh ratusan ribu umat muslim di Jakarta. Dia juga diadili dan kini menyandang status sebagai terdakwa.

Kemenangan di Kepulauan Seribu, lanjut dia,  menunjukkan rakyat merasakan manfaat program pemerintahan Ahok. Selain itu, kata dia, hasil Pilkada Kepulauan Seribu seharusnya menjadi pelajaran terkait dengan kasus penistaan agama yang menjerat Ahok. "Peristiwa tuduhan penistaan ini, sudah terlanjur menjadi peristiwa besar di negara ini. Rakyat Kepulauan Seribu yang lebih jujur, memberikan pelajaran yang berharga bagi kita semua," kata Andreas.

Kemenangan Ahok di Kepulauan Seribu berdasarkan penghitungan sesungguhnya (real count) dari situs kawalpilkada.id.   Hingga pukul 18.28 WIB, situs tersebut sudah memuat 92,31 persen surat suara atau 36 TPS dari total 39 TPS di Kepulauan Seribu. Hasilnya, Ahok-Djarot meraih 5,474 suara atau 39,37 persen, diikuti Anies-Sandiaga yang mendapat 4,728 suara atau 34,01 persen dan Agus-Sylvi meraih 3,701 suara atau 26,62 persen.

Hasil di Kepulauan Seribu versi kawalpilkada.id itu diperkuat oleh hasil penghitungan suara berdasarkan scan C1 yang dilakukan KPU DKI Jakarta. KPU DKI telah menghitung seluruh surat suara yang tersebar di 39 TPS di Kepulauan Seribu. Hasilnya, Ahok-Djarot menang dengan meraih 38,8 persen atau 5532 suara. Anies-Sandi di peringkat dua dengan meraih 34,0 persen atau 4851 suara, diikuti Agus-Sylvi dengan raihan 27,3 persen atau 3891 suara.  o  cio

Berita Terpopuler