Minggu, 09 Juli 2017

KTT G-20, Presiden Jokowi Singgung Isu Negatif Sawit Indonesia

Ist.
Beritabatavia.com - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan banyak pemimpin negara di KTT G-20 Hamburg Messe, Jerman. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyinggung isu negatif kelapa sawit Indonesia di Eropa.

Pertama, Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy Brey. Isu produk kelapa sawit Indonesia yang mengalami kampanye negatif di pasar Eropa juga disinggung Presiden Jokowi dalam pertemuan itu. Presiden berharap Spanyol dapat memberlakukan produk kelapa sawit Indonesia secara adil.

Sebagaimana kerja sama standardisasi kayu dan produk kayu Indonesia melalui FLEGT (Forest Law Enforcement, Governance, and Trade) atau Penegakan Hukum, Tata Kelola, dan Perdagangan Bidang Kehutanan yang telah diberlakukan.

"Saya juga berharap Spanyol dapat mendukung upaya Indonesia agar model kerja sama standardisasi kayu dan produk kayu melalui FLEGT dapat juga dibuat untuk sawit," ucap Presiden.

Selain itu, Jokowi juga bertemu Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg. Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta perhatian pemerintah Norwegia Resolusi Parlemen Norwegia tanggal 2 Juni 2017 mengenai kelapa sawit.

Menurut Presiden Jokowi, resolusi ini tidak sejalan dengan semangat kerja sama REDD+ antara Indonesia dan Norwegia, serta menafikan upaya-upaya Indonesia terkait penanggulangan perubahan iklim, perlindungan lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan. "Saya percaya bahwa Pemerintah Norwegia akan mendukung hubungan perdagangan yang terbuka dan fair," ungkap Presiden. o rls

Berita Terpopuler