Selasa, 11 Juli 2017

Ketika Jenderal M Iriawan Menepati Janjinya

Ist.
Beritabatavia.com - Hutang harus dibayar, sama halnya dengan janji wajib  ditepati. Biasanya seseorang yang menepati janjinya adalah sosok peribadi kesatria,jujur dan memiliki kepedulian serta pantang menghindar dari tanggungjawab.  Tetapi, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Iriawan hanya senyum dan menolak berkomentar saat dirinya disebut salah satu yang memiliki keperibadian seperti yang disebut diatas. 

“Saya hanya berusaha maksimal untuk menepati janji saya kepada almarhum Italia Chandra Kirana Putri dan keluarganya,” kata Kapolda Iriawan, pelan.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan berjanji akan menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang menembak mati dokter gigi Italia Chandra Kirana saat berusaha menggagalkan aksi pencurian di tempat kejadian Jl Gunung Raung RT 002/010 Perum Bugel Indah, Karawaci, Kota Tangerang pada 12 Juni 2017 lalu.

Peristiwa yang menimpa korban tidak hanya membuat Jenderal bintang dua itu marah, tetapi juga merasakan kesedihan dan penyesalan yang mendalam. Karena tidak dapat melindungi seluruh warga dari kekejaman para pelaku kejahatan. Sebagai konsekuensi dari rasa sedih dan penyesalan itu, Irjen M Iriawan hadir di rumah duka dan dengan tulus menanggalkan status sosial yang selalu menjadi skat pembatas dalam kehidupan bermasyarakat.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan bersama Kapolresta Tangerang Kombes Harry Kurniawan turut mengangkat keranda jenazah Italia Chandra Kirana ke Masjid Mahajirin yang tidak jauh dari rumah duka. Bukan hanya  itu,  kedua perwira Polri itupun ikut menyalati jenazah Italia sebelum dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang. Setelah itu, lulusan Akpol 1984 itu berjanji akan menangkap para pelaku untuk diajukan ke pengadilan.

Tidak lebih dari satu bulan, kasus yang menewaskan Italia Chandra berhasil diungkap jajaran Polda Metro Jaya. Kapolda Irjen M Iriawan terus memberikan pengarahan kepada tim yang dipimpin oleh Kasubdit Resmob AKBP Aris Supriyono dan Kasubdit Ranmor AKBP Antonius Agus Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Akhirnya seorang pelaku bernama Saiful berhasil di tangkap di daerah Lampung Selatan pada Minggu (9/7). Meskipun Saiful eksekutor yang menembak mati Italia saat peristiwa terjadi pada Juni lalu, terpaksa ditembak mati petugas karena berusaha melawan dan melarikan diri ketika polisi melakukan penyergapan.

Sehari setelah Saiful ditembak mati petugas,  Sudirman pelaku yang ikut terlibat aksi pencurian dan penembakan Italia Chandra langsung menyerahkan diri ke kepala desa di kampung halamannya, Lampung Timur pada Senin (10/7) malam. Kemudian tim menjemput Sudirman dan dibawa ke Polda Metro Jaya.
Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengundang ayah kandung korban Fery Chandra dan istrinya Suryani untuk bertemu langsung dengan pelaku Sudirman. Dalam pertemuan itu, Kapolda Metro Jaya terus berupaya sambil merangkul pundak Fery Chandra untuk menenangkan orang tua korban yang terlihat emosi.

Kapolda Irjen M Iriawan ikut merasakan kesedihan yang dialami keluarga almarhum. Tetapi meminta Fery Chandra dan istrinya Suryani tetap tabah dan mendoakan putri mereka Italia Chandra Kirana Putri beristirahat dengan tenang di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Serta  memberikan kepercayaan kepada polisi untuk memproses kasus ini hingga sampai ke pengadilan.

Pasangan suami istri Fery Chandra dan Suryani memberikan apresiasi kepada Kapolda dan jajarannya atas kerja keras dan keseriusan serta kesungguhannya mengungkap kasus yang menimpa putrid mereka Italia Chandra Kirana. Ungkapan terima kasih itu disebutkan juga sebagai kado terindah untuk  Polri pada HUT Bhayangkara Polri ke 71.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, terlihat sumringah dan berharap kepada masyarakat tetap mempercayai dan mendukung Polri untuk memelihara ketertiban dan keamanan demi terwujudnya rasa aman masyarakat.

“Polri hanya melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab sekaligus menepati janji saya kepada almarhum dan keluarganya,”  kata Jenderal bintang dua Irjen M Iriawan. O Edison Siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 28 Desember 2016
Rabu, 24 Desember 2016
Jumat, 19 Desember 2016
Senin, 15 Desember 2016
Jumat, 29 Juli 2016
Kamis, 28 Juli 2016