Kamis, 13 Juli 2017

Penyelundup 1 Ton Sabu di Anyer Tewas Ditembak, 1 Kabur

Ist.
Beritabatavia.com - JAJARAN Polda Metro Jaya menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu jaringan internasional di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis (13/7) pagi. Jumlah sabu yang diamankan mencapai seberat 1 ton. Pelakunya empat orang warna negara asing asal Taiwan. Satu orang tewas ditembak, dua ditangkap dan satu melarikan diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi juga menangkap tiga tersangka dalam operasi penggalan penyelundupan sabu satu ton tersebut. Satu orang tewas ditembak petugas lantaran berusaha melawan. "Jumlah pelaku ada empat orang. Satu tewas, dua ditangkap, dan satu masih buron," kata Argo saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Pelaku yang tewas diketahui bernama Lin Ming Hui, sedangkan dua pelaku yang berhasil ditangkap hidup-hidup bernama Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu. Satu pelaku yang masih buron diketahui bernama Hsu Yung Li. "Ini jaringan internasional. Diduga narkoba dikirim dari Tiongkok," kata dia.

Barang bukti berupa sabu yang disita terbungkus dalam 51 kotak besar karung di mobil Toyota Innova warna emas dan 24 karung di mobil Toyota Innova warna hitam. Masing-masing karung diperkirakan berisi sabu seberat 20 kilogram. "Jadi total ada 51 karung. Sabu diperkirakan ada seberat 1 ton. Tapi jumlah pastinya belum dihitung," ucap Argo.

“Barang bukti kini kita sudah bawa untuk disita, sedangkan ketiga pelaku sudah diamankan sedangkan seorang pelaku yang tewas dibawa ke RS Polri Kramat Jati,” tanbahnya. o day