Rabu, 19 Juli 2017 12:48:08

Pencemaran di Kali Bekasi Kian Mengerikan

Pencemaran di Kali Bekasi Kian Mengerikan

Beritabatavia.com - Berita tentang Pencemaran di Kali Bekasi Kian Mengerikan

KESEKIAN kalinya, air Kali Bekasi tercemar limbah. Kini malah mengerikan. Dampak pencemaran limbah ini mengakibatkan ikan mati mengambang. Sejak dua ...

 Pencemaran di Kali Bekasi Kian Mengerikan Ist.
Beritabatavia.com - KESEKIAN kalinya, air Kali Bekasi tercemar limbah. Kini malah mengerikan. Dampak pencemaran limbah ini mengakibatkan ikan mati mengambang. Sejak dua hari belakangan ini, air Kali Bekasi berwarna kehijauan. Dan hitam mengkilat. Akibatnua, banyak ikan yang mati mengambang.

Pencemaran di Kali Bekasi seperti ini, terjadi sudah berkali-kali. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, sudah kerap melayangkan surat teguran terhadap manajemen pabrik yang bermukim di bantaran Kali Bekasi. Terutama, di perbatasan dengan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di sepanjang aliran Kali bekasi banyak perusahaan berdiri di bantaran kali. Kuat dugaan, air limbah industri langsung dibuang ke Kali Bekasi tanpa melalui proses pengolahan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun).

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi melakukan penyisiran di perbatasan wilayah Bantargebang, Kota Bekasi dengan Kabupaten Bekasi. Butuh waktu lama, untuk mengumumkan dugaan pencemaran lingkungan di Kali Bekasi tersebut. Kita masih cari sumber pencemarannya, bulan lalu kita telusuri sumbernya ternyata di Bogor, ujar Kepala Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi, Rabu (19/07/2017).

Pemerintah Kota Bekasi akan menginstruksikan kepada perusahaan yang berdomisili di Kota Bekasi, di bantaran Kali Bekasi, agar menyediakan tempat penampungan limbah B3.

Meski demikian, Jumhana enggan menyebutkan identitas perusahaan yang diduga mencemari kali dengan limbahnya tersebut. Alasannya, pihaknya masih menunggu bukti berupa uji laboratorium. Hasil uji lab besok (Kamis) kami umumkan, kata Jumhana. Menurut Jumhana, uji laboratorium dibutuhkan sebagai dasar pemerintah untuk mengambil langkah selanjutnya. Misalnya, memberikan sanksi kepada perusahaan yang melakukan pencemaran terhadap Kali Bekasi.

Jumhana mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. Kedua pemerintah, ujar Jumhana, sepakat sama-sama menjaga kelestarian Kali Bekasi. Kami tidak bisa bertindak sendiri, sebab hulu kali itu berasal dari Kabupaten Bogor, ucap Jumhana.

Jumlah pabrik yang berdiri di bantaran Kali Bekasi sebanyak 18 unit. Pabrik tersebut mayoritas tersebar di Kecamatan Bantargebang, dua di antaranya pernah diberikan surat peringatan oleh pemerintah. o bbs

Berita Lainnya
Senin, 25 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
Minggu, 24 Maret 2024
Sabtu, 23 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024