Rabu, 02 Agustus 2017

Layanan Citi Bank Menjengkelkan

Ist.
Beritabatavia.com - Sekadar berbagi pengalaman yang menjengkelkan dan memuakkan dari pelayanan Citi Bank. Terlihat sepele, tetapi prosesnya membuat hati kesal, apalagi saat berkomunikasi dengan petugas-petugas Citi Bank yang pintar bicara tapi tak ada solusi. Sehingga sangat mengganggu, khusus bagi para pengemban profesi yang berpacu  dengan waktu, dan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Mungkin puluhan bahkan ratusan atau ribuan orang yang mengalami hal seperti ini. Tapi saya selalu berharap, semoga ini adalah pengalaman yang pertama dan terakhir.

Pada awal Juli 2017 lalu, saya dihubungi lewat telepon genggam oleh seorang pria karyawan Citi Bank. Setelah menjelaskan banyak hal dengan penuh rayu dan memelas, akhirnya saya tanya, apakah Anda mendapat sesuatu kalau saya setuju dengan permintaan Anda.  “Tentu pak karena saya karyawan Citi Bank,” jawabnya. Ok, saya bukan nasabah citi bank, tetapi untuk membantu Anda saya setuju.

Lalu dia menjelaskan lagi berbagai persyaratan dan ketentuan yang terkait dengan pemberian kartu citi Ready credit. Disebutkan dalam tujuh hari kerja prosesnya akan selesai dan kartu citi ready credit nya akan dikirimkan ke alamat yang tertera.

Setelah pembicaraan itu, email dan SMS  dari Citi Bank terus mengalir. Sekitar dua pekan selanjutnya, kembali karyawan Citi Bank itu menghubungi saya untuk memberitahukan permohonan saya sudah disetujui. Meskipun dalam hati bertanya kapan saya mengajukan permohonan,tapi sudah lah seperti niat awal untuk membantu, maka saya laksanakan.
 
Saya mulai merasa jengkel, setelah akhir Juli 2017 saya terima surat rahasia dari Citi Bank berisi nomor PIN kartu yang empat digit nomor kartunya saya ketahui dari email yang dikirim Citi Bank. Lalu, beberapa kali saya membalas email untuk memberitahukan bahwa kartu Citi Credit yang dijanjikan belum saya terima.

Karena tidak ada balasan, saya coba kabari lewat citi live chat, tetapi tidak ada jawaban yang mengandung kepastian. Justru memberikan banyak saran ini ..itu dan lain-lainnya. Beberapa kali saya hubungi layanan 021 252999 dan 69999 meskipun untuk dapat berkomunikasi harus melalui perjuangan dan persyaratan harus pencet nomor itu dan nomor ini..pusing.

Meskipun sempat menaikkan tensi dan emosi karena proses panjang dan berbelit,bahkan beberapa kali diminta menunggu dan akhirnya tidak jelas informasinya hingga sambungan pembicaraan terputus. Tetapi tak juga mendapat jawaban dimana posisi kartu citi ready yang mereka janjikan.

Kemudian pada Rabu 2 Agustus 2017, saya menerima SMS dari Citi Bank untuk memberitahukan bahwa kartu citi Ready tidak terkirim karena alamat yang dituju kosong alias tidak ada penghuninya. Segera saya hubungi 69999  kembali melalui proses ribet dan lama. Dari petugas yang satu di over ke petugas yang lainnya dan setiap petugas menanyakan kembali pertanyaan yang serupa. Kepada petugas yang terakhir bernama Anes kekesalan saya tumpahkan. “Saya hanya mau tau dimana kartu citi ready yang dijanjikan, padahal PIN nya sudah saya terima di alamat yang sama,” dengan nada tinggi.

Dia berusaha menjelaskan prosesnya, tapi saya langsung menimpali itu urusan internal Citi Bank.  Lalu dia meminta agar ada orang yang menerima saat petugas jasa pengiriman kartu dating untuk mengantar kartunya.  Saya sampaikan 24 jam ada orang yang menerima, kecuali anda kirim ke kuburan mungkin yang menerima belum bangun.

Terkait pengalaman yang membuat hati kesal dan dongkol ini, sejumlah nama petugas Citi Bank yang saya hubungi lewat citi live chat maupun telepon diantaranya, Hedi, Danang, Soraya, Nana,Hade, Anes dan beberapa nama yang saya tidak ingat lagi.
Kata orang bijak, berbagi informasi dan pengalaman adalah upaya kebaikan sekaligus mengurangi beban kekesalan dan kekecewaan yang dialami.  Semoga pengalaman ini menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang efisien dan efektif tidak memicu kekesalan bahkan emosi.

Salam
Edison Siahaan/ 08128833286
Pasarbaru Jakarta Pusat
Berita Terpopuler