Kamis, 03 Agustus 2017 10:20:23

Ribuan Pekerja JICT Mogok Kerja

Ribuan Pekerja JICT Mogok Kerja

Beritabatavia.com - Berita tentang Ribuan Pekerja JICT Mogok Kerja

RIBUAN pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok melakukan aksi mogok nasional di kantor JICT Tanjung Priok, ...

   Ribuan Pekerja JICT Mogok Kerja Ist.
Beritabatavia.com - RIBUAN pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok melakukan aksi mogok nasional di kantor JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sempat terjadi ketegangan ketika para pekerja memutuskan mogok mulai hari ini pada Kamis (3/8). Aksi mogok berlangsung selama seminggu untuk menuntut pembatalan konsesi atau pembatalan pengelolaan JICT kepada pihak asing.

Ketegangan para pekerja JICT dengan pihak managemen berlangsung di depan kantor pada saat pekerja hendak menduduki kantor JICT dan melangsungkan aksi mogok nasional. Dampak dari aksi mogok nasional pekerja JICT ini menyebabkan aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok sempat lumpuh. Terlihat antrian kapal di dermaga pun terpaksa dihentikan.

Dengan adanya aksi mogok kerja karyawan JICT ini ditaksir nilai kerugian material mencapai ratusan milyar rupiah. Untuk mengatisipasi pelayanan pelabuhan agar berfungsi di tengah aksi mogok karyawan JICT itu, Kementerian Perhubungan  menyiapkan rencana darurat (contingency plan) terkait rencana mogok pada 3-10 Agustus 2017.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Kelas Utama Tanjung Priok, I Nyoman Gede Saputra dalam keterangan tertulis, menghimbau agar masyarakat dan pelaku usaha tidak perlu khawatir secara berlebihan terhadap aksi mogok. Kekhawatiran berlebihan justru menimbulkan iklim usaha yang tidak baik

Sebagaimana perintah Menteri Perhubungan dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk tetap menjaga kelancaran arus barang dan kapal maka Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok telah menyiapkan rencana darurat seperti pengalihan pelayanan jasa kepelabuhanan JICT ke terminal internasional lain yang juga berada di Pelabuhan Tanjung Priok, tuturnya.

Dilanjutkan, Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, New Port Container Terminal 1 (NPCT-1), Terminal MAL dan Terminal Peti Kemas Koja yang akan membantu pelayanan jasa kepelabuhanan selama mogok kerja tersebut terjadi.

Prinsipnya, Pelabuhan Tanjung Priok siap menerima pengalihan jasa kepelabuhanan JICT akibat adanya mogok kerja. Pengalihan tersebut telah dimulai pada (31/7) lalu ketika JICT menyerahkan operasional peralatannya ke TPK Koja untuk pengoperasian 300 meter dermaga utara JICT yang bisa diperpanjang menjadi 720 meter jika diperlukan, ujarnya.

Pengalihan juga akan dilakukan ke pelayanan kapal raksasa yang selama ini ditangani oleh JICT. Pelayanan tersebut, akan dialihkan ke terminal Internasional lainnya bila terjadi mogok kerja. untuk pelaksanaan rencana pengalihan jasa kepelabuhanan JICT ke terminal Internasional lainnya, OP Tanjung Priok telah berkoordinasi dengan PT Pelabuhan Indonesia II. o ery



Berita Lainnya
Kamis, 14 Maret 2024
Rabu, 13 Maret 2024
Selasa, 12 Maret 2024
Sabtu, 09 Maret 2024
Jumat, 08 Maret 2024
Jumat, 08 Maret 2024
Jumat, 08 Maret 2024
Kamis, 07 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Senin, 04 Maret 2024