Sabtu, 05 Agustus 2017

Willy Sosok Sukses Yang Tetap Peduli

Ist.
Beritabatavia.com - No success just one night alias tidak ada sukses hanya dengan satu malam, kalimat itu diungkapkan Tjieputra Willy Karamoy, pendiri sekaligus pemilik Mitra Dana Top Finance (MDTF) group. Perusahaan yang dirintisnya sejak 1995 awalnya dengan nama Mitra Dana Putra Utama (MDPU) finance dengan fokus sektor pembiayaan konsumen. Setelah kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), MDPU berkembang hingga pembiayaan multiguna barang dan jasa, modal kerja, serta investasi. Kemudian pada 2017 berganti nama menjadi MDTF kini memiliki 3000 karyawan,300 kantor dan hotel bahkan tercatat dalam 50 besar konglomerasi lembaga keuangan Indonesia.

Diruang kerjanya kawasan Duta Merlin, Jakarta Barat, pria berusia 65 tahun ini, terlihat masih energik,semangat dan dendy. Memiliki respon yang cepat dan serius saat menyimak pembicaraan. Tetapi tidak menghilangkan humorisnya yang mengundang tawa.
Konsisten pada sesuatu yang diyakininya benar, namun cepat tergugah saat mengetahui seseorang sedang dalam kesulitan. Menjadikan potret pria yang biasa disapa Willy ini sebagai sosok yang memiliki kepedulian terhadap sesama.

Menurut Willy, ditengah era teknologi dan globalisasi serta digital entrepreneurs, generasi muda terobsesi  menjadi overnight millionare. Segalanya ingin instan, dengan waktu singkat tanpa perlu kerja keras bisa meraih sukses.Sehingga tidak memiliki daya tahan atau ketangguhan menghadapi permasalahan yang dihadapi.

Padahal, kesabaran adalah esensi kesuksesan. Sukses membutuhkan kerja keras,ketekunan, kompetensi yang semua prosesnya membutuhkan waktu panjang.Sukses membutuhkan perjuangan dan kesabaran melakukan hal-hal kecil dengan jumlah besar. Sukses butuh proses, tidak semudah dan secepat seperti yang dibayangkan.

Diruang kerja yang sejuk, sejenak rehat seraya menyerut kopi yang tersedia diatas meja. Setelah bicara sebentar, Willy kembali meletakkan telepon selulernya di atas meja.

Dengan ekpresi serius, Willy mengatakan, sukses  adalah proses panjang untuk mengasah kemampuan, memperkaya pengalaman, memperkuat ketekunan dan kesabaran. Dengan proses itu membuat seseorang menjadi tahan banting dan memiliki kearifan serta kepedulian. Semuanya membutuhkan proses tahap demi tahap, sampai pada akhirnya tujuan yang kita harapkan bisa terwujud. Kuncinya adalah kesabaran dan kepedulian terhadap sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.
 
Perjalanan panjang adalah proses meraih sukses, sekaligus memperkaya pengalaman yang kemudian membuat kepedulian seseorang semakin besar. Kepedulian bukan hanya dimiliki, tetapi harus diimplementasikan dalam bentuk tindakan dan perbuatan.
Willy, sosok yang memiliki integritas, teguh,kokoh pada prinsip, selaras ucapan dengan perbuatan, taat pada janji serta fokus untuk mewujudkan harapan. Kendati harus membutuhkan waktu 12 tahun, Willy konsisten untuk meningkatkan kualitas SDM seluruh karyawan MDTF.

Pada 2007  saat itu masih bernama MDPU Finance,Willy pun mendirikan Learning Center  pusat pelatihan para karyawan. Investasi penting, sekaligus sebagai wujud dari kepedulian terhadap kualitas SDM. Lewat Learning Center, Willy memiliki karyawan yang profesional dan hasilnya MDPU berkembang pesat hingga sekarang dikenal dengan Mitra Dana Top Finance (MDTF) group. Kerja keras, kesabaran dan pengalaman menjadi modal utama meraih sukses sekaligus membuat Willy lebih arief dan peduli. Kepedulian Willy, mengantarnya ke pintu masuk 50 besar konglomerasi lembaga keuangan Indonesia yang diumumkan OJK pada 2015 silam.
 
Sosok Willy tetap konsisten, tak tampak ada perubahan pada karakter dan kepeduliannya. MDTF group berkembang pesat hingga memiliki asset mencapai Rp 5,5 triliun, 300 kantor dan hotel diantaranya Shakti Hotel dengan 3000 karyawan. Willy bersama seluruh karyawan sudah memiliki jadwal tetap menggelar bakti sosial ke sejumlah tempat.

Jumat 4 Agustus 2017, Willy bersama karyawan melakukan bakti sosial ke  rumah sakit dan perumahan Sintanala, Tangerang.
Willy memimpin langsung bahkan ikut memikul karung beras yang akan diberikan kepada 750 warga yang menderita kusta maupun yang sudah sembuh. Willy bersama karyawan Mitra Dana Top Finance memberikan langsung kepada 750 warga masing-masing 10 kg beras, satu liter minyak,satu kilo gula,satu sak kopi 10 pcs indomie. Meskipun kebersamaan dengan warga rumah sakit dan perumahan Sintanala hanya sesaat. Willy dan keluarga besar MDTF merasakan kebahagiaan dapat berbagi.Berharap sosok Willy  menjadi magnit untuk menambah jumlah orang yang memiliki kepedulian dan berbagi dengan keinginan yang tulus. Semoga.O Edison Siahaan




Berita Terpopuler