Minggu, 24 September 2017

DKI Gelontorkan Uang Bau Rp318 Miliar ke Bekasi

Ist.
Beritabatavia.com - PEMPROV DKI Jakarta gelontorkan dana hibah uang bau sampah sebesar Rp318 miliar kepada Pemkot Bekasi. Dana itu sebagai kompensasi sampah TPST Bantar Gebang dan pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Isnawa Adji membenarkan Pemprov DKI telah mentransfer uang tersebut kepada Pemkot Bekasi. “Uang sebesar Rp318,02 miliar telah masuk ke kas Pemkot Bekasi,” kata dia di Jakarta, Sabtu (23/9).

Isnawa mengaku telah mendapat kepastian pengiriman uang tersebut dari Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Premi Lestari. Menurutnya, dana hibah itu sebagian untuk kompensasi sampah tahun 2017 bagi warga sekitar. Ada sekitar 18 ribu kepala keluarga, masing-masing mendapat dana kompensasi bau sampah sebesar Rp200 ribu/bulan.

“Mereka terdiri dari warga yang tinggal di tiga wilayah kelurahan dekat TPST Bantar Gebang yakni Kelurahan Cikiwul, Sumurbatu, dan Ciketing Udik,” ujar Isnawa didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantar Gebang, Asep Kuswanto.

Biasanya uang bau diserahkan kepada warga tiap tiga bulan sekali. “Selain itu, uang tersebut juga diprogramkan berbagai pembangunan, seperti pengadaan tanah merah untuk menguruk sampah agar maksimal menyedot gas metan. Juga untuk memperbaiki badan jalan sekitar TPST Bantar Gebang yang kondisinya rusak,” papar dia.

Selain itu, direncanakan dana tersebut digunakan pembangunan dua fly over yang bertujuan mengurai kemacetan di sekitar TPST. Pemkot Bekasi akan membangun fly over di simpang Jl Achmad Yani-Siliwangi, dan Jl Cipendawa-Siliwangi. o PKO