Jumat, 20 Oktober 2017

Beraroma Tak Sedap, Rehab SDN 104188 Medan Kriyo Akan Dipolisikan

Ist.
Beritabatavia.com - Proyek rehab bangunan ruang kelas SD Negeri 104188 yang terletak di Jalan Citarum 2 Desa Medan Kriyo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut) menuai aroma tak sedap. Bahkan dituding, pembangunan tempat belajar generasi bangsa itu tidak sesuai bestek. Apalagi saat ini proyek rehab ruang kelas tersebut telah dihentikan meskipun plafon gedung sekolah tersebut belum selesai dikerjakan .

Beberapa kalangan masyarakat seperti LSM Lappas RI Sumut menilai , proyek rehab yang bersumber dari APBD itu tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ironisnya pada saat dimulainya pengerjaan proyek tersebut , pihak kontraktor tidak membuat papan proyek sehingga masyarakat tidak mengetahui nilai proyek tersebut .
 
Padahal menurut ketentuan, bahwa setiap pengguna anggaran baik anggaran APBD , DAK/DAU maupun APBN harus dibuat papan proyek agar masyarakat dapat mengawasi pengerjaan proyek tersebut.

" Saya tidak tau mengapa proyek rehab ruang kelas dan ruangan kepala sekolah ini tidak dikerjakan lagi sementara plafonnya masih bolong-bolong," kata Wakil Ketua LSM Lappas RI Sumut, Parlingoman Simamora kepada wartawan, Rabu (18/10).

Selain plafonnya  belum diperbaik, kusen kayu jendela yang telah dipasang kwalitasnya sangat rendah . Pihak pemborong maupun pihak sekolah diduga kerjasama dan sengaja membuat kayu jenis sembarang .

" Saya akan segera menyurati Kejatisu dan Poldasu untuk menindaklanjuti masalah ini ," tegasnya kembali.

Sementara itu Kepala SDN 104188 S br Manalu kepada wartawan mengatakan proyek rehab ruangan kelas itu sifatnya bertahap-tahap . “Kami juga tidak tau mengapa bisa begini,” katanya .

Menurut keterangan dari sejumlah guru dan warga setempat, kayu dan kusen jendela yang lama  yang sebelumnya dikumpul disamping sekolah tidak nampak lagi dan diduga sudah dijual. Padahal barang tersebut tidak boleh dijual karena pada saat membelinya dulu mempergunakan APBD. O Sahat Pasaribu