Senin, 23 Oktober 2017

Urai Macet, Rekayasa Rute TransJakarta

Ist.
Beritabatavia.com - TranJakarta melakukan perubahan rute untuk mengurai kemacetan. Rute rekayasa ini sudah mulai dilakukan Senin (23/10) ini. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) pun menyiapkan enam rute baru merespons keinginan Sandi.

Rute-rute rekayasa itu berdasarkan rapat antara PT TransJakarta dan Sandi yang meminta agar perusahaan BUMD itu melakukan inovasi untuk mengakali kemacetan imbas proyek infrastruktur jalan di beberapa titik di Jakarta, kata Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono, Senin (23/10/2017).

Keenam rute itu terbagi atas Rute Ekspres (dari satu titik halte ke halte lain) dan Rute Lintas (melalui berbagai koridor) bus Transjakarta. Rute-rute itu diterapkan demi mengakali titik-titik pusat kemacetan tertentu.

Rute-rute itu, yakni Rute Lintas Pulogadung-Harmoni (via koridor 10 dan 4), Rute Ekspres PGC-Tanjung Priok (via tol, pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB), dan Tanjung Priok-PGC (via tol, 06.00-09.00 WIB).

Kemudian Rute Lintas Cililitan-Dukuh Atas (via koridor 10 dan 4, pukul 06.00 WIB-09.00 WIB), Rute Ekspres Kampung Rambutan-Kampung Melayu (via tol, pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB), dan Rute Lintas Monas-Ragunan (koridor 1-koridor 13, pukul 15.00 WIB-21.00 WIB).

Budi melanjutkan, dua jenis rute baru ini sementara akan dioperasikan pada jam sibuk saja. Namun, pihaknya akan melihat perkembangannya untuk penambahan jam operasi. Yang jelas, belum ada penambahan armada baru untuk melayani enam rute baru tersebut. "Kedua layanan baru ini memungkinkan untuk dioperasikan sepanjang hari," kata dia.

Sementara batas waktu berlakunya kedua rute rekayasa ini situasional dan melihat sejauh mana perkembangannya. "Kalau sudah siap, rute-rute akan balik ke semula," ujar dia.

Enam proyek simpang tidak sebidang yang dimaksud, yakni proyek jalan layang atau flyover Stasiun Bintaro Permai, proyek flyover Stasiun Cipinang Lontar, proyek terowongan atau underpass Jalan RA Kartini, proyek underpass Mampang-Kuningan, proyek underpass Matraman-Salemba, dan proyek flyover Pancoran. Proyek-proyek yang dibangun sejak November 2016 ini ditargetkan rampung pada 15 Desember 2017. o eee