Selasa, 24 Oktober 2017

Poldasu Bongkar Kasus Pengiriman TKW Ilegal ke Malaysia

Ist.
Beritabatavia.com - Subdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Sumut berhasil mengungkap kasus pengiriman tenaga kerja wanita (TKW) ke Malaysia secara ilegal, Senin (23/10).

Polisi berhasil menyelamatkan tujuh TKW asal Jawa Barat yang belum sempat dikirim sedangkan tiga dari lima pelaku berhasil diciduk.

" Kita masih memburu dua  lagi . Kedua tersangka ini berinisial FS yang berperan menampung dan pelaku berinisial Y yang berperan merekrut TKW dari Jabar," ungkap  Kasubdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Sumut, AKBP Hari Sandy Sinurat kepada wartawan di Mapoldasu,Senin (23/10).

Pengungkapan kasus ini katanya berawal saat  ke lima TKW diamankan petugas Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) karena tidak memiliki dokumen/pasport , Jumat (6/10) kemarin.

Dari kelima TKW ini menyebutkan bahwa masih ada dua TKW lainnya yang masih ditahan oleh pelaku FS di Jalan Bajak V No 7, Medan Amplas. Dan saat tempat penampungan itu digeledah pelaku FS  berhasil kabur .Dan dua TKW yang kita cari juga tidak ada.
Selanjutnya polisi memperoleh informasi bahwa dua TKW disembunyikan di sebuah rumah di Jalan Benteng, Delitua. Dari rumah tersebut polisi mengamankan pelaku NS. Dan di rumah itu lah ke dua TKW ini ditemukan . Pelaku NS ini berperan menyembunyikan TKW yang merupakan jaringan pelaku FS.

Selain pelaku yang berperan merekrut dan menyembunyikan TKW, polisi juga mengungkap pelaku RP alias K sebagai calo paspor. Pelaku RP alias K memiliki jaringan di kantor Imigrasi Belawan sehingga mampu membuat paspor palsu.

" Data yang ada di pasport itu palsu sementara pasportnya asli . Pelaku RP kita tangkap  di seputar Tol Belmera (Belawan Medan dan Tanjung Morawa)," pungkasnya. O Sahat Pasaribu.


Berita Terpopuler