Kamis, 02 November 2017

Culik Bocah, 2 Warga Korsel Tuntut Tebusan Rp1,8 Miliar

Ist.
Beritabatavia.com - Dua Warga Negara Korea Selatan (Korsel), Baik Jongwoon (40) dan Sea Songwoon (38), pelaku penculik KH (10) bocah asal Korea masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Pemeriksaan guna mengetahui motif pelaku yang tega menculik KH serta meminta uang tebusan hingga Rp 1,8 miliar kepada orangtua korban.

“Sampai malam ini kepada dua pelaku masih kita lakukan introgasi. Besok pagi kita akan koordinasi dengan pihak kedutaan dan kepolisian Korea,” kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan, Kamis, (2/11/2017) dini hari.

Setelah mendapatkan sejumlah informasi untuk data awal pemeriksaan, Hendy mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk mendeportasi kedua pelaku. “Dimungkinkan akan kita lakukan deportasi usai kita melakukan investigasi di sini,” ujar dia.

Selain melakukan deportasi, nantinya proses hukum akan dilanjutkan oleh Kepolisian Korea. Polda Metro Jaya hanya sebatas membantu penangkapan dan penyelamatan terhadap korban serta melakukan penyidikan awal terhadap pelaku.

“Ya, kita hanya investigasi awal hasil penyidikan penemuan kita di lapangan tadi kemudian kita akan secepatnya serahkan ke kepolisian Korea,” ucap Hendy.

Pengungkapan kasus ini sendiri tidak lepas dari kerjasama dengan beberapa pihak termasuk imigrasi yang memberikan data lokasi yang menjadi tempat persembunyian pelaku. Baik Jongwoon (40) dan Sea Songwoon (38) dibekuk tim Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya didua lokasi berbeda, Rabu, (1/11/2017).

Jongwoon ditangkap disebuah hotel di kawasan Sudirman, Jakarta, dihotel tersebut polisi juga mengamankan korban dan satu anak laki-laki dari Baik Jongwoon. Sedangkan Sea Songwoon diamankan di Bandara Soekarno Hatta bersama dua putri dari Baik Jongwoon yang hendak bertolak ke Korea. o pko