Kamis, 02 November 2017

Dituding Pelecehan Seks, Menhan Inggris Mundur

Ist.
Beritabatavia.com - MENTERI Pertahanan Inggris Sir Michael Fallon mengundurkan diri dari jabatannya setelah dituding melakukan serangkaian pelecehan seksual terhadap sejumlah anggota parlemen. Fallon adalah politisi pertama yang berhenti terkait klaim penyiksaan seksual serius yang baru-baru ini santer di Parlemen.

Dalam suratnya yang dikirimkan kepada Perdana Menteri Theresa May pada Rabu, 1 November 2017, Fallon mengatakan perilakunya telah menyalahi aturan yang diisyaratkan di Angkatan Bersenjata Inggris. Sehingga dinilai gagal terhadap standar  diharapkan militer Inggris.

"Saya telah merenungkan posisi saya. Untuk itu, mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Pertahanan. Jadi apa yang telah dapat diterima 15 atau 10 tahun lalu jelas tidak dapat diterima sekarang," kata Fallon dalam surat tertulisnya seperti dilansir laman BBC, Kamis  (02/11/2019).

BBC memahami klaim baru tentang perilakunya yang diajukan pada hari Rabu, namun Downing Street menolak berkomentar.

Editor politik Laura Kuenssberg mengatakan sumber yang dekat dengannya tidak percaya bahwa dirinya adalah "semacam predator", namun dia merasa tidak dapat menjamin bahwa dia dapat menjelaskan di setiap pertemuan dalam karir kementeriannya yang panjang.

Theresa May mengatakan bahwa dia menghargai "sikap serius" di mana Sir Michael telah mempertimbangkan perannya dalam kabinet. May juga memuji "contoh tertentu anda ingin menetapkan seorang prajurit dan wanita dan lainnya," pungkasnya.

Pada 2002, Fallon pernah beberapa kali menyentuh lutut seorang jurnalis perempuan, Julia Hartley-Brewer, saat jamuan makan malam.
"Pengundurannya adalah sebuah kekonyolan," ucap Julia mengomentari perilaku Fallon.

Julia mengatakan sangat meragukan insiden yang terjadi pada 2002 tersebut sebagai satu-satunya alasan pengunduran diri Fallon. Julia Hartley-Brewer, yang berulang kali disentuh lututnya oleh Michael Fallon. thesun.co.uk

"Jika pengunduran itu hanya sekadar masalah lutut, dia menyentuh lutut saya 15 tahun yang lalu dan saya tidak memiliki masalah dengan hal itu. Ini adalah pengunduran diri seorang menteri di kabinet yang paling gila, tidak masuk akal, dan menggelikan," ujarnya pada Sky News.

Ketika ditanya wartawan TalkRadio, Julia menuturkan dia tidak memiliki masalah dengan Fallon, tapi hanya terkejut atas pengunduran dirinya. o bbc