Kamis, 09 November 2017

SPDP 2 Pimpinan KPK, Kapolri Tegur Dirtipidum

Ist.
Beritabatavia.com - KAPOLRI Jenderal Tito Karnavian menegur keras Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Brigjen Herry Rudolf Nahak. Teguran itu, terkait surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) terhadap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo dan Saut Situmorang.

"Kapolri sudah tegur Dirtipidum soal itu. Karena Dittipidum Bareskrim Polri tidak memberitahukan naiknya status laporan terhadap pimpinan KPK ke penyidikan kepada pimpinan Polri. Jadi Kapolri tidak dilapori," kata Wakapolri Komjen Syafruddin di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Mantan Kalemdikpol Polri ini mengatakan, Korps Bhayangkara tetap menjaga hubungan dengan KPK. Bahkan, saat ini, mereka tengah berkoordinasi dengan KPK terkait laporan soal pemalsuan surat yang menyeret Agus dan Saut. "Polri tetap solid dengan KPK," pungkas Syafruddin.

Sebelumnya, SPDP laporan dugaan pemalsuan surat dengan terlapor Agus Rahardjo dan Saut Situmorang beredar ke kalangan awak media. SPDP itu dikeluarkan Dittipidum Bareskrim Polri Bareskrim pada Rabu 8 November 2017.

Dalam SPDP itu, disebutkan jika laporan yang melibatkan dua pimpinan KPK sudah naik ke tahap penyidikan terhitung sejak dikeluarkannya surat perintah penyidikan (Sprindik) nomor: SP.Sidik/1728/XI/2017/Dit Tipidum tertanggal 7 November 2017. Namun, status dua pimpinan KPK masih sebagai terlapor. o mto

Berita Terpopuler