Kamis, 09 November 2017

Waspada, Simpan Telur di Rak Pintu Lemari Es

Ist.
Beritabatavia.com -
Merek dan ukuran lemari es boleh berbeda. Namun setiap kali membeli lemari es baru, susunan rak pasti selalu sama. Laci sayuran di bagian bawah, lemari pembeku di atas, dan rak telur di sisi pintu lemari es.

Tak dimungkiri, rak plastik yang terletak di bagian pintu kulkas selalu menjadi lokasi untuk menyimpan telur. Padahal rak tersebut bukan tempat yang tepat untuk menjaga kesegaran telur di dalam kulkas.

Menurut pakar penyimpanan makanan Vlatka Lake dari Space Station, menyipan telur pada rak di pintu kulkas dapat menyebabkan telur cepat busuk. Rak yang menempel di pintu kulkas kerap mengalami perubahan suhu karena sering terbuka dan tertutup. Perubahan suhu tersebut mampu membuat telur lebih cepat membusuk dibanding telur yang disimpan di tempat dengan suhu tetap.

"Umumnya penyimpanan telur bisa dilakukan di dalam kulkas, tapi bukan di rak telur yang bisa ditemukan di pintu kulkas. Rak telur rentan terhadap perubahan suhu karena pintu kulkas yang terbuka dan tertutup bisa menyebabkan telur lebih cepat membusuk," ucap Lake dikutip dari India Today.

Dilanjutkan, tempat yang paling tepat menyimpan telur adalah rak yang terletak di badan kulkas atau rak bagian tengah. Di bagian ini suhu tetap terjaga dan tidak mengalami perubahan drastis.

British Egg Information Service di Inggris menganjurkan untuk menyimpan telur di tempat dengan suhu di bawah 20 derajat celsius untuk menjaga kesegaran telur.

Juga mencegah kontaminasi lainnya, telur sebaiknya disimpan tetap dengan kotak atau kardus pembungkusnya dan jauh dari makanan dengan bau menyengat serta daging mentah. Cangkang telur memiliki tekstur berpori menyebabkan telur menyerap aroma kuat dari sekitarnya dan mengontaminasi aroma telur. Alih-alih menyimpan telur di rak sisi pintu lemari es, bahan makanan yang mengandung pengawet lebih disarankan untuk disimpan di sini.  o erza