Kamis, 09 November 2017

Cathy Sharon Kampanye Sampah

Ist.
Beritabatavia.com - Aktris Cathy Sharon menghadapi banyak tantangan dalam mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. Mengubah pola pikir masyarakat adalah pekerjaan paling sulit bagi pemeran Thufa dalam film Dawai 2 Asmara itu.
 
Selain menjalani aktivitas di dunia hiburan, Cathy juga sibuk sebagai aktivis lingkungan. Hal paling sederhana yang ia lakukan adalah mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Ternyata, tugas ini tidak mudah.
 
"Masyarakat tidak mengerti bahwa dampak membuang sampah bagi ekosistem kita bisa beribu tahun, merusak keindahan alam Indonesia. Itu poin penting dan paling susah," kata Cathy saat sarasehan Sampah Kito Beguno Galo di Banyuasin 1, Sumatera Selatan, Selasa 31 Oktober 2017.
 
Menjaga lingkungan perlu peran semua pihak, kelompok masyarakat, swasta, dan pemerintah. Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju melalui corporate social responsiblity membuat program pengelolaan sampah terpadu berbasis jaminan sosial yang dinamakan Patratura.
 
Cathy mengapresiasi program Patratura, karena berupaya mengubah pola pikir masyarakat dari membuang sampah sembarangan menjadi mengelola dan mengolah sampah. Lebih dari itu, program ini juga memberikan jaminan sosial kepada masyarakat berdasarkan kuantitas sampah yang disetorkan ke bank sampah Patratura.

Untuk memudahkan pengelolaan sampah, Pertamina RU III membuat aplikasi Sampah Kito. Menurut Cathy, pengelolaan sampah melalui handphone sangat kekinian.
 
"Ini penting, artinya pengelolaan sampah mengikuti perkembangan zaman. Kita tahu sekarang apapun bisa lewat handphone, ternyata mengelola sampah juga bisa lewat handphone," ujar Cathy dalam kesempatan yang sama.
 
Perempuan berambut panjang itu berharap, program Patratura tidak hanya diaplikasikan di Palembang, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia. o day




Berita Terpopuler