Senin, 13 November 2017

Cara Mudah Hilangkan Pestisida dari Buah-buahan

Ist.
Beritabatavia.com - SEBELUM dikonsumsi, buah-buahan harus selalu dicuci dan dibersihkan. Bukan hanya untuk membersihkan debu yang menempel di kulit buahnya, tapi juga untuk menghilangkan pestisida yang masih menempel. Namun, mencuci dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan pestisida. Hal tersebut disebabkan oleh pestisida yang terserap ke dalam daging buah.

Akibatnya banyak orang yang beralih memilih makanan organik dengan dalih lebih aman untuk dikonsumsi. Namun tak dimungkiri harganya lebih mahal dibanding jenis buah biasa. Studi yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menganjurkan untuk menggunakan baking soda yang dicampur dengan air untuk menghilangkan pestisida pada buah-buahan.

Dilansir dari Business Insider, Senin (13/11/2017) jika keduanya dicampur maka akan menghasilkan sodium bicarbonate yang mampu menghilangkan dua jenis pestisida, yaitu thiabendazole dan phosmet.

Thiabenndazole dan phosmet sendiri merupakan jenis pestisida yang menyerap ke dalam kulit dan daging buah-buahan. Penelitian tersebut melakukan percobaan pada apel yang direndam selama 12 sampai 15 menit hingga tidak ada pestisida yang tersisa pada apel tersebut. Apel kemudian dicuci kembali dengan air untuk menghilangkan residu dari baking soda.

Meskipun begitu, diperkirakan masih ada sekitar 100 jenis pestisida yang bisa menempel pada buah yang mampu menyerap hingga ke dalam ekuilibrium sel dan sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Insiyur material dari Purdue University, Amerika Serikat, Lia A. Stanciu mengungkapkan bahwa mengupas kulit apel bisa menghilangkan residu pestisida. Namun, kulit apel mengandung flavonoid, fitokimia, dan antioksidan yang bagus untuk kekebalan tubuh.

Meskipun begitu, Stanciu lebih menyarankan agar alat prosessor pencuci buah diberi sodium bikarbonat untuk mengurangi pestisida. o bic