Selasa, 14 November 2017

Korban Tewas Gempa Irak-Iran Tembus 328 Orang Tewas

Ist.
Beritabatavia.com - JUMLAH korban tewas akibat gempa besar yang melanda perbatasan Irak-Iran dilaporkan bertambah menjadi 328 orang meregang nyawa di sisi perbatasan Iran pada Senin (13/11/2017).

AFP melaporkan, sedikitnya 2.530 lainnya mengalami luka-luka dalam gempa berskala 7,3 skala Richter yang terjadi pada Minggu malam (12/11/2017) waktu setempat, lapor televisi pemerintah.

Rekaman yang diunggah di Twitter menunjukkan warga yang panik melarikan diri dari sebuah bangunan di Sulaimaniyah, Irak utara, ketika jendela hancur akibat gempa pada Minggu malam tersebut. Foto-foto lain dari kota terdekat Darbandikhan menunjukkan dinding utama dan struktur beton telah runtuh.

Gempa terjadi sekitar 30 kilometer sebelah barat daya Halabja di Kurdistan Irak pada Minggu sekitar pukul 21.20 waktu setempat, saat banyak orang berada di dalam rumah,

Reuters melaporkan, tim penyelamat masih mencari puluhan orang yang diduga masih tertimpa reruntuhan bangunan. Sedikitnya enam orang warga negara Irak tewas dalam gempa yang paling mematikan. Pejabat lokal menyatakan korban tewas diperkirakan akan bertambah.

Dalam gempa tersebut, wanita dan bayi berhasil selamat dari reruntuhan gedung di Sarpol Zahab, daerah yang terkena dampak terburuk. Gempa tersebut juga menimbulkan tanah longsor yang menyulitkan tim penyelamat.

Akibat kejadian itu, 14 provinsi di Iran menjadi wilayah terdampak. Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan rasa dukacitanya dan meminta seluruh instansi pemerintah untuk melakukan bantuan korban gempa.

Sebelumnya, Badan Survei Geologi AS atau USGS menyatakan bahwa gempa terjadi pada Minggu (12/11/2017) sekitar pukul 21.20 waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 30 km barat daya Halabja, Irak. o lyla
Berita Terpopuler
Selasa, 21 November 2017