Kamis, 16 November 2017

Kapolri Lantik Irwasum & Kabaharkam Polri

Ist.
Beritabatavia.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik Komjen Putut Eko Bayuseno sebagai Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri dan Komjen Moechgiyarto sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Proses serah terima jabatan atau sertijab pejabat utama Polri tersebut berlangsung di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017). Bertugas sebagai inspektur upacara, Kapolri Tito Karnavian.

Sertijab itu dilakukan berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2194/IX/2017 tertanggal 13 September 2017 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto.

Dalam prosesi sertijab tersebut, kedua pejabat Polri itu langsung diambil sumpah jabatannya dan dilanjutkan penandatanganan surat serah terima jabatan dan fakta integritas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Putut dan Moechgiyarto sambil mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Komjen Putut Eko Bayuseno sebelumnya menjabat sebagai Kabaharkam Polri kini resmi menjabat sebagai Irwasum Polri menggantikan Komjen Dwi Prayitno. Sementara itu Dwi dimutasikan sebagai Pati Itwasum Polri dalam rangka menjelang masa pensiun.

Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen Moechgiyarto resmi menjabat sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Putut Eko Bayuseno. 0 baim

“Pertama-tama, tentu saya mengucap syukur alhamdulillah ke haridat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah memberikan amanah kepada saya untuk menjabat sebagai Irwasum,” kata Komjen Pol Putut Eko Bayuseno usai Upacara Sertijab

Dalam menjalankan amanah tersebut, sambung dia, berkomitmen akan melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan pejabat sebelumnya. “Tentu tugas-tugasnya terprogram dalam Renops (rencana operasi). Saya nanti melanjutkan apa yang dilakukan Pak Dwi untuk ke depan, mudah-mudahan akan lebih bisa membawa tugas-tugas ini lebih berhasil lagi, yang sekarang ini sangat berhasil di bawah kepemimpinan beliau,” ungkap mantan Kabaharkam Polri ini.

Terkait jabatan sebagai Ketua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Polri, Komjen Pol Putut menegaskan akan melakukan pengawasan internal dan eksternal.

“Saya kira, [pengawasan] terkait internal dan eksternal. Tentu kita akan nanti evaluasi dengan data-data yang ada, kemudian juga laporan-laporan dari masyarakat, mana yang perlu kita prioritaskan. Tentu kita manfaatkan adanya partisipasi dari masyarakat untuk mau memberikan informasi kepada kami,” jelasnya. o day