Kamis, 23 November 2017

Seandainya Menjadi Presiden

Ist.
Beritabatavia.com - Seandainya, umpamanya, misalkan,sekiranya,jika,kalau adalah  merupakan sinonim atau ragam kata yang berbeda namun memiliki pengertian yang hampir serupa. Namun, bukan untuk mencari dan menggali ragam kata sinonim lainnya.

Tetapi hanya untuk menjelaskan bagaimana upaya untuk mewujudkan program mensejahterakan rakyat dan melaksanakan amanat konstitusi, Seandainya menjadi Presiden. Bukan untuk meminta atau berupaya agar menjadi Presiden, yang tentu melalui proses panjang dengan segudang persyaratan yang beragam baik formil maupun materil.

Seandainya menjadi Presiden tentu sekaligus merupakan sosok penting atau tokoh sentral dalam menjalankan roda pemerintahan. Karena Presiden memiliki hak dan kewenangan yang sangat besar, tetapi juga sama besarnya dengan kewajiban untuk melaksanakan dan mewujudkan  amanat konstitusi.

Sebagai Presiden, tentu tidak mungkin mampu melaksanakan kewenangan yang begitu besar. Untuk itu, Presiden memilih orang-orang yang dapat dipercaya dan memiliki komitmen,integritas, kompenten dan bukan warga Negara asing untuk menduduki jabatan sebagai menteri yang berperan membantu tugas dan tanggungjawab Presiden. Memilih dan menentukan menteri harus melalui proses pengumpulan informasi yang akurat, agar terhindar dari reshuffle yang potensi menuai gonjang ganjing politik.

Seandainya menjadi Presiden,harus memastikan kabinet yang terbentuk bekerja fokus sesuai dengan tugas fokok dan fungsinya (tufoksi). Sebagai Presiden yang memiliki hak dan kewenangan, akan menentukan prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan rakyat. Maka, seluruh kabinet wajib melaksanakan prioritas sesuai dengan kewenangan yang dimiliki setiap menteri.

Seandainya menjadi Presiden, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negar (APBN) yang di dapat dari pajak dan kekayaan sumber daya alam (SDA) sepenuhnya akan digunakan untuk membiayai upaya prioritas yaitu pembangunan untuk mencerdaskan kehidupan rakyat lewat pendidikan. Serta memenuhi tiga kebutuhan pokok rakyat, yaitu kebutuhan pangan, sandang, papan. Disusul dengan pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhan rakyat minimal untuk sepuluh tahun ke depan. 

Karena dengan memenuhi kebutuhan yang menjadi prioritas tersebut, maka kecintaan dan kebanggaan rakyat sebagai warga Negara akan meningkat. Sehingga melahirkan kepercayaan diri yang secara otomatis menumbuhkan kesadaran untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita sebagai bangsa yang berkualitas dan ikut memelihara perdamaian dunia.

Seandainya menjadi Presiden, harus menegaskan bahwa pendidikan dan kesejahteraan menjadi pintu utama untuk membawa bangsa dapat duduk sejajar dengan bangsa lain yang ada di muka bumi ini. Maka, Presiden harus memastikan, tidak ada lagi warga Negara yang putus sekolah karena biaya yang sangat mahal. Presiden memberikan garansi tidak ada lagi warga Negara yang ditolak oleh rumah sakit, apalagi meninggal sebab tidak mendapat perawatan.

Seandainya menjadi Presiden, memastikan setiap jengkal tanah dan kekayaan alam harus digunakan dengan prioritas pembangunan untuk memenuhi kebutuhan pokok warga Negara. Menjadi Presiden harus memahami potensi alam dan seluruh kekayaan yang terkandung di dalamnnya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok rakyat. Presiden harus bekerja keras dan mendorong meningkatkan kualitas agar mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan, sehingga meminimalisir kebutuhan import dari Negara lain.

Seandainya menjadi Presiden, harus memastikan peran pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah bukan perusahaan yang memburu keuntungan dari rakyatnya. Tetapi Presiden menjadi pemimpin dalam persaingan dengan pihak swasta atau asing untuk melaksanakan pembangunan dan pelayanan.

Seandainya menjadi Presiden, tentu memberikan prioritas kepada rakyat untuk menjadi mitra dalam melaksanakan pembangunan. Presiden menjadikan kerjasama dengan pihak asing sebagai alternatif bukan merupakan kewajiban.

Meskipun mewujudkan keinginan Presiden ini tidak mudah, tetapi bukan tidak bisa. Sayangnya, masih Presiden seandainya. O Edison Siahaan



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 07 Desember 2017
Selasa, 28 November 2017
Kamis, 23 November 2017
Senin, 20 November 2017
Rabu, 08 November 2017
Senin, 06 November 2017
Minggu, 05 November 2017
Sabtu, 04 November 2017
Kamis, 26 Oktober 2017
Sabtu, 02 September 2017
Senin, 28 Agustus 2017
Rabu, 23 Agustus 2017