Sabtu, 25 November 2017

Dibom & Ditembaki Saat Sholat Jumat, 235 Orang Tewas

Ist.
Beritabatavia.com - Korban tewas ledakan bom di masjid Semenanjung Sinai, Mesir menjadi 235 orang. Ledakan ini terjadi di samping Masjid Ar -Raudah, Markaz Bir El-Abd, kota El-Arish, Sinai Utara, Mesir. Bom diledakkan saat sholat Jumat. Kelompok teroris juga menembaki para jemaah pasca ledakan. Pelaku serangan berhasil melarikan diri. Dan hingga kini, proses pengejaran masih berlangsung.

Dikutip dari AFP, Sabtu 25 November 2017, para saksi mata yang merupakan korban selamat mengungkapkan kengerian saat bom meledak tersebut. "Sangat mengerikan. Mayat-mayat bertebaran di luar masjid. Saya harap Allah menghukum pelakunya untuk ini," kata Ibrahim Sheteewi, penduduk dari Bir al-Abed.

Polisi Sinai mengatakan, korban tewas termasuk sekitar 15 anak kecil. Namun ternyata jasad anak kecil yang ditemukan berjumlah 25.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi langsung menggelar rapat darurat tak lama setelah terjadinya ledakan ini dan menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari ke depan.

Pasukan keamanan Mesir berperang menghadapi sepak terjang kelompok militan Islamic State (ISIS) di Sinai utara, tempat bentrokan militan dengan polisi dan tentara yang menewaskan ratusan korban jiwa. Pertempuran di Sinai utara meningkat sejak tiga tahun terakhir.

Kedutaan Besar RI di Kairo menuturkan, tak ada warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban ledakan tersebut.

Bom rakitan atau IED ini diledakkan pada saat pelaksanaan sholat Jumat. Kelompok teroris jg menembaki para jemaah pasca ledakan.
"Berdasarkan pemantuan KBRI Cairo dan pelacakan melalui sumber keamanan Mesir sejauh ini diperoleh informasi tak ada WNI yg menjadi korban serangan tersebut," demikian dikatakan Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi.

Dubes Helmy juga menegaskan tak ada warga Indonesia yang tinggal di kota El-Arish. O day