Minggu, 17 Desember 2017

Langkah Cegah Flu & Batuk bagi Ibu Hamil

Ist.
Beritabatavia.com - SELAMA masa kehamilan, tubuh wanita terus mengalami transformasi. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan semua ini. Beberapa di antara mereka bahkan merasa sulit untuk mengatasi bobot berat badan yang didapat.

Wanita hamil juga memiliki banyak masalah untuk ditangani, seperti batuk dan flu. Itu menjadi penyakit umum yang kerap menimpa. Beberapa gejalanya meliputi tenggorokan, hidung tersumbat, kelelahan, dan bersin.

Lalu bagaimana mengatasinya. Mengutip Boldsky, ada 9 cara mencegah batuk dan pilek untuk ibu hamil. Apa saja?
 
# Vaksin flu
Tidak ada cara medis yang lebih baik untuk mencegah demam. Hal ini dapat diambil pada setiap titik waktu selama kehamilan, bahkan sampai akhir trimester ketiga. Padahal, perlindungan dari dingin meluas sampai enam bulan setelah melahirkan. Mendapatkan suntikan flu tidak akan mempengaruhi bayi dengan cara apapun. Ini benar-benar aman selama kehamilan.
 
# Cuci tangan secara teratur
Menjaga kebersihan diri adalah cara terbaik untuk menghindari pilek dan batuk. Kontak tangan dengan orang yang kedinginan berisiko virus menyebar.  Terkadang, kontak tangan benar-benar tidak dapat dihindari. Makanya, disarankan sering mencuci tangan dengan air sabun hangat untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

# Gunakan pembersih tangan
Saat berada di luar, mungkin tidak bisa mencuci tangan. Untuk ini, bawalah pembersih tangan. Kandungan alkohol dalam pembersih secara drastis mengurangi penyebaran virus. Jika Anda tidak menyukai bau alkohol, pilih pembersih dengan esensi buah sehingga tidak merasa mual.

# Tingkatkan asupan cairan
Memiliki banyak cairan bisa membantu batuk dan pilek. Cairan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Cairan tidak hanya mencakup air tapi juga jus buah. Teh dapat dikonsumsi, tapi yang terbaik adalah memilih yang tidak berkafein karena mempengaruhi bayi dengan cara yang merugikan. Teh herbal adalah pilihan terbaik.

#  Diet seimbang
Mengkonsumsi makanan yang tepat mencegah batuk dan demam dengan mudah. Pastikan Anda memasukkan semua vitamin, mineral, dan antioksidan dalam makanan untuk membantu sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan lebih baik. Singkirkan camilan manis dan pilihlah makanan yang kaya akan vitamin C bila Anda memiliki kecenderungan untuk terkena flu.

# Mengontrol stres
Sistem kekebalan tubuh akan terpengaruh saat berada dalam tekanan sehingga mudah terkena penyakit, bahkan dengan tindakan ringan. Jadi, jangan stress, baik secara fisik maupun mental. Pastikan Anda cukup istirahat di siang hari. Stres dapat dihindari secara efektif dengan melakukan meditasi dan latihan pernapasan dalam.

# Jaga jarak
Jika seseorang di sekitar Anda tertular pilek atau batuk, jauhkan diri dari mereka sampai mereka sembuh. Tinggal jauh tidak berarti menjaga jarak fisik. Selain itu, yang terbaik adalah tidak membagikan apapun dengan orang yang terngah menderita batuk.

# Jangan sentuh wajah sembarangan
Jika ragu tangan Anda tidak cukup bersih, lebih baik tidak menyentuh wajah. Ini karena virus masuk ke tubuh melalui mulut dan lubang hidung. Bahkan jika Anda telah mencuci tangan, jangan sentuh wajah yang tidak perlu karena kita  tidak pernah tahu apakah virus itu ada atau tidak.

# Bersihkan rumah
Bakteri dan virus berkembang di mana-mana, terutama bila lingkungannya tidak bersih. Ini salah satu langkah praktis yang bisa dilakukan untuk menghindari batuk dan pilek. Debu dan kelembaban bisa menimbulkan masalah jika tidak dibersihkan saat itu juga. Debu bisa menyebabkan masalah hebat, bahkan bisa menyebabkan  batuk.  Adalah baik untuk mengembangkan kebiasaan membersihkan ruang. 0 SIO