Selasa, 19 Desember 2017

Pati Polri Maju Pilkada agar Pensiun Dini

Ist.
Beritabatavia.com - SEJUMLAH perwira tinggi polisi bakal maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah pada Pilkada 2018. Mabes Polri meminta Pati tersebut agar mengundurkan diri atau pensiun dini dari anggota Bhayangkara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen M Iqbal, mengatakan pada prinsipnya Polri tak mengekang anggota yang ingin terjun ke kencah dunia politik. “Polri tidak bisa mengekang hak politik dati setiap anggota untuk ikut dalam kancah Pemilihan Kepala Daerah,” kata Iqbal.

Namun demikian, untuk menjaga citra Kepolisian dan independensinya, semua anggota yang maju dalam Pilkada harus mengikuti aturan yang berlaku dalam Kepolisian. “Harus selesai dulu dari kepolisian. Mundur atau pensiun,” tegas Iqbal.

Pilkada 2018, bakal diramaikan oleh beberapa Jenderal aktif Polri. Mereka diantaranya, Kepala Korps Brimob Irjen Murad Ismail, resmi diusung oleh PDIP untuk bertarung dalam Pilgub Maluku.

Seperti diketahui sejumlah Pati yang bakal mencalonkan kepala daerah yakni, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Paulus Waterpau yang rencananya bakal maju dalam Pilkada Papua. Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safarudin untuk Pilgub Kaltim dan yang terakhir Wakalemdiklat Polri Irjen Anton Charliyan yang masih menunggu rekomendasi PDIP untuk Pilgub Jawa Barat. 0 kay