Selasa, 19 Desember 2017

Tanpa Bantuan Pemerintah, Sekolah YPPU Deli Serdang Tetap Gratis

Ist.
Beritabatavia.com - Berbagai pihak memberikan apresiasi kepada Yayasan Pendidikan Prestasi Utama (YPPU) di Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Meskipun tidak mendapat bantuan dari pemerintah, tetapi tetap melaksanakan pendidikan gratis.

Seperti yang disampaikan anggota DPRD Deli Serdang H Jasa Wardani Ginting SE saat  meninjau sekolah yayasan pendidikan Prestasi Utama yang terletak di Jalan Kalerejo Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Senin (18/12).

Wardana Ginting, memberikan apresiasi yang cukup tinggi, kepada pihak yayasan pendidikan Prestasi Utama yang telah ikut serta membantu program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan pendidikan gratis kepada 1000 pelajar disekolah tersebut.

Menurutnya, sekolah yayasan pendidikan Prestasi Utama yang, terletak di Jalan Kalerejo Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang ini, merupakan satu- satunya sekolah gratis tanpa dipungut biaya  sepeserpun sampai tamat.

" Saya merasa bangga ternyata di Kecamatan Sunggal ini, ada sekolah gratis tanpa dipungut biaya dari mulai pendaftaran hingga tamat sekolah," kata anggota Fraksi Golkar H Jasa Wardani Ginting saat meninjau sekolah tersebut,Senin (18/12).

Dirinya mengaku bangga terhadap pihak yayasan yang selama 6 tahun sejak berdirinya sekolah tersebut telah mampu bersaing, dengan sekolah- sekolah lainnya meski tidak memungut biaya kepada siswa-siswinya.

"Walaupun tidak ada mendapatkan bantuan dari pemerintah, sekolah ini mampu  mendidik 1000 siswa dari mulai PAUD, SD, SMP dan SMU/SMK tanpa dipungut biaya. Dan saya berjanji akan membawa masalah ini dalam sidang paripurna akan datang," tegasnya.

Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang telah digelontorkan pemerintah kepada setiap sekolah- sekolah, masih belum cukup untuk membantu biaya operasional sekolah. Namun pihak yayasan pendidikan Prestasi Utama ini dapat memanfaatkan dana BOS tersebut dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan itu, dia juga menghimbau kepada para siswa untuk menjauhi narkoba. Narkoba merupakan kejahatan yang paling berbahaya dan jangan coba-coba untuk memakainya.

"Kepada anak-anak kami yang ada disini, jauhilah narkoba karena narkoba dapat membuat dirimu tak berguna dan  masa depan kamu akan hancur ," pintanya.
 
Diakhir kunjungan tersebut dirinya menyempatkan diri memberikan bantuan sembako kepada ratusan murid-murid dan orangtua yang kurang mampu.

Sementara itu, pihak yayasan pendidikan Prestasi Utama, Dra Pinta, mengatakan, sejak yayasan ini berdiri tidak pernah mendapatkan bantuan dari Pemkab Deli Serdang.

" Kami memang ada menerima dana BOS dan dana BOS inilah yang kami kelolah dengan sebaik-baiknya dan membayar gaji honor guru ," ujarnya.

Menurutnya, sejak sekolah itu didirikan 6 tahun lalu, pihak yayasan tidak pernah mengutip biaya baik itu biaya pendaftaran/pembangunan, uang sekolah ataupun uang buku.

" Semuannya itu kita gratiskan kepada orangtua siswa . Walaupun terkadang ada masalah-masalah kecil terkait lambatnya dana BOS keluar,  tapi pihak yayasan dapat mengatasinya," ungkapnya . O  Sahat Pasaribu