Rabu, 20 Desember 2017

Tanggul Jati Padang Jaksel Jebol, Puluhan Rumah Tergenang

Ist.
Beritabatavia.com -
Tanggul di Jati Padang, Jakarta Selatan kembali jebol pasca hujan deras mengguyur Jakarta pada Rabu (20/12) siang. Tanggul di RT 14 RW 06 tak kuat menahan arus deras sungai Kali Pulo.  Tanggul hasil swadaya warga,  tidak kuat menahan arus deras yang sangat kuat. Air sekarang mengaliri puluhan rumah warga di sekitaran RT 14 RW 06 , Jakarta Selatan.

Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Jati Padang untuk RW 06 Abdul Kohar, mengatakan tanggul jebol sekitar pukul 14.30 WIB. "Begitu hujan lama, debit air yang tinggi mengalir ke sini. Di tanggul di RT 03 kan sedang diperbaiki dan sudah kuat, jadi bebannya ke sini," kata Abdul

Dilanjutkan, ada tiga korban dari jebolnya tanggul ini. Korban pertama adalah Martin, seorang ibu pemilik rumah di depan tanggul. Ia mengalami luka karena tersayat pecahan kaca yang terbawa aliran air.

Korban selanjutnya adalah sepasang suami istri, Gito dan Yanti, pemilik rumah yang berada satu meter di depan tanggul. Gito mengalami luka yang serupa dengan Martin. Adapun Yanti, ia tertimpa lemari pendingin saat arus deras air memasuki rumahnya. "Bu Yanti tadi sudah dibawa ke Puskesmas. Semuanya sekarang sudah ada di rumah pak RT. Mereka masih syok," ujar Abdul.

Air dari Kali Pulo membanjiri jalanan di sekitaran RT 14 dengan tinggi genangan sekitar satu meter. Puluhan warga terlihat memenuhi lokasi jebolnya tanggul karena penasaran.

Abdul mengatakan, warga kini hanya bisa menunggu air surut terlebih dahulu. Baru nantinya akan dilakulan penanggulan sementara dan permanen seperti Tanggul Baswedan di RT 03 RW 06. "Sekarang air masih tinggi. Tunggu surut dulu. Nanti akan ditanggul seperti yang di RT 03," ucapnya.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sebelumnya, Senin (11/12), sempat menggenangi RT 03 RW 06. Genangan air diperparah tanggul yang jebol karena arus sungai Kali Pulo yang begitu deras. Akibat tanggul jebol, sebanyak 23 kepala keluarga di RT 03 RW 06, , Jakarta Selatan diungsikan. 0 CNN