Kamis, 21 Desember 2017

Dirobohkan, Blok G Tanah Abang Dijadikan Rusun

Ist.
Beritabatavia.com -
PD Pasar Jaya akan merobohkan Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Setelah rata dengan tanah, akan dibangun menjadi rumah susun. Nantinya rusun ini diperuntukkan bagi para pedagang sehingga memudahkan sekaligus memperlancar dalam berusaha.

Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, bangunan Blok G sudah terlalu tua, usianya sudah mencapai 30 tahun. Bila tidak dirobohkan, Arief khawatir membahayakan penghuni rusun. "Itu akan dirobohkan karena usia gedungnya 30 tahun. Cuma di-touch up," kata Arief di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Sedianya, rekonstruksi dilakukan sejak 2016 lalu. Namun, rencana itu terkenda penyediaan lahan untuk menampung pedagang. "Kendalanya satu, kita enggak punya tempat penampungan sementara, tanahnya belum kita dapatkan," paparnya.

Arief sudah sempat berkoordinasi dengan PT KAI, namun tidak ada tindak lanjutnya. Dia pun sudah menghubungi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana untuk dicarikan tempat sewa lahan. "Sama PT KAI enggak dikasih kepastian, lalu saya sudah hubungi Haji Lulung untuk meminta tolong, siapa tahu mereka mempunyai lahan yang bisa kita sewa," ungkapnya.

Beruntung, PD Pasar Jaya menemukan lahan penampungan sementara. Lahan itu terletak di belakang Blok G tak jauh dari Pasar Tasik. Luas lahan yang tersedia sekitar 3.000 meter persegi. Pemakaian lahan berlangsung sampai tahun 2022. "Jadi kita akan gerak semua untuk kita bangun karena seharusnya itu dari 2016," imbuhnya.

Saat ini, jumlah pedagang yang masih berjualan di Blok G sekitar 900 orang dari total 2.200 kios yang tersedia. Nantinya, seluruh blok di Pasar Tanah Abang akan saling berhubungan. 0 LEO



Berita Terpopuler
Senin, 16 April 2018