Sabtu, 23 Desember 2017

Ditlantas PMJ: 11 Proyek Infrastruktur di Jakarta Bikin Macet

Ist.
Beritabatavia.com - SEBANYAK 11 proyek infrastruktur yang masih dalam proses pembangunan di DKI Jakarta menyebabkan penyempitan di sejumlah ruas jalan sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan saat masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018.

Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) AKBP Budiyanto mengimbau pengguna kendaraan bermotor agar tidak melewati lokasi-lokasi yang masih menjalankan pembangunan infrastruktur tersebut.

"Masih ada 11 pembangunan infrastruktur seperti LRT, MRT dan fly over yang membuat penyempitan jalan dan dampaknya lalu lintas di sekitarnya akan sulit bergerak," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (23/12).

Pembangunan MRT yang dilakukan sejak 2015, kata Budiyanto, ditargetkan selesai pada 2018 atau bertepatan dengan digelarnya acara Sea Games 2018. Selama pembangunan tersebut, kemacetan akan terjadi di sekitaran Senayan, Lebak Bulus dan Setiabudi.

Untuk pembangunan Jalan Tol Bekasi - Cawang-Kampung Melayu yang melintas sepanjang jalan Kalimalang, inspeksi Sungai Tarum Barat dan bertemu di Tol Cawang 10.500 meter juga akan menyebabkan kemacetan di jalan inspeksi Kalimalang.

Selain itu, Budiyanto mengatakan, pembangunan fly over Tendean-Blok M-Ciledug sepanjang 9,7 kilometer juga akan mengakibatkan kemacetan di bawah fly over. "Kemacetan akan terjadi dengan adanya pembangunan fly over Pancoran yang ditargetkan selesai Desember ini. Kemacetan akan terjadi di Jalan MT Haryono, Jalan Saharjo dan sebagian di Gatot Subroto," ucapnya.

Untuk pembangunan jalan under pass rute Mampang-Kuningan yang ditargetkan selesai pada Desember 2017 akan mengakibatkan kemacetan di jalan Tendean, Mampang dan Rasuna Said.

Pembangunan simpang tidak sebidang di Cipinang Lontar yang ditargetkan selesai pada Desember 2017 juga mengakibatkan macet di jalan Bekasi Timur mengarah ke Jalan Gusti Ngurah Rai. Sedangkan pembangunan Under pass Kartini di Jakarta Selatan akan berdampak kemacetan di sekitar Jalan Kartini.

Wilayah pinggiran Jakarta pun tak luput dari kemacetan, salah satunya Bintaro. Pembangunan fly over simpang tidak sebidang di Bintaro yang ditargetkan selesai pada Desember akan menimbulkan antrian kendaraan yang panjang di simpang wilayah Bintaro.

Begitu juga dengan pembangunan Underpass Matraman-Salemba sepanjang 667 meter akan berdampak kemacetan di simpang Salemba dan Matraman.

Kemacetan di dua kawasan seperti Cawang - Dukuh Atas dan Kelapa Gading juga akan terjadi. Hal itu karena terjadinya pembangunan LRT Cawang - Dukuh Atas yang ditargetkan untuk selesai Desember dan di Kelapa Gading yang harus selesai pada Juni 2018.

Kemacetan panjang juga akan terjadi karena pembangunan Interchange Andara-Antasari yang akan selesai pada Desember 2018. Kendaraan yang menuju Antasari akan memakan waktu lebih banyak karena macet tersebut. 0 CIO
Berita Terpopuler