Rabu, 03 Januari 2018

Rob Landa Jakarta Utara

Ist.
Beritabatavia.com - Banjir rob kembali melanda Kota Jakarta Utara di awal tahun baru 2018 pada Rabu (3/1). Banjir rob terjadi di sejumlah kawasan di Jakarta Utara. Dari data yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta sejak pukul 10.00 & 11.00 WIB ketinggian permukaan air di pasar ikan Penjaringan mencapai 252 cm atau siaga 1.

Camat Penjaringan, Muhammad Andri mengatakan genangan terjadi di dua lokasi yakni di Kamal Muara dan Penjaringan. "Ketinggian permukaan air antara 10-30 cm di RT01-03/RW04 karena ada sejumlah bagian tanggul yang mengalami kebocoran," ujar Andri, Rabu (3/1).

Ia menyebutkan upaya yang dilakukan pihaknya melakukan penanggulangan darurat dengan membangun tanggul sementara berisi pasir.

Sementara itu, Kasie Kominfotik Kota Jakarta Utara, Koharuddin dari data Posko Siaga Bencana menyebutkan banjir rob juga terjadi di pinggiran rel kereta. "Ketinggian air rob melimpas dari kali mencapai 5-10 centimeter di Jalan Danau Sunter Barat atau Jalan Ancol Baru," katanya.

Kabag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Iptu Edi Tarmidi mengatakan banjir rob telah melanda Polsek Kawasan Muara Baru di Jalan Tuna Raya, Jalan Hiu Raya dan sekitar pinggiran pelabuhan perikanan tersebut. "Air masuk pukul 11.00 WIB dengan ketinggian rata rata 10 cm. Ketinggian masih bisa berubah tergantung banjir rob," kata Edi.

Rob pasang surut juga melanda di Blok Empang dan Blok Eceng Pelabuhan Perikanan Muara Angke dengan ketinggian 10 - 30 cm sejak pagi namun kian surut menjelang sore hari. "Wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa juga mengalami banjir rob yakni di belakang gudang 03 dan 08 dengan ketinggian air 5 hingga 10 cm begitu juga dermaga Kali Adem Muara Angke terendam 20-40 cm," tandasnya.  0 BSO