Selasa, 09 Januari 2018

Dirlantas PMJ: Pergub Ahok Efektif Tekan Kecelakaan

Ist.
Beritabatavia.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Panggara mengharapkan Gubernur DKI Jaya Anies Baswedan mengkaji lagi keputusan  Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan peraturan Gubernur DKI Jakarta, yang dibuat pada masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, tentang larangan sepeda motor melintas di Jalan M.H. Thamrin dan Medan Merdeka Barat.

"Larangan sepeda motor di Jalan M.H. Thamrin dan Medan Merdeka Barat sebenarnya sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Saya harap gubernur perlu mengecek materi apa yang diminta pemohon, lalu apa keputusan MA," ungkap Kombes Halim di Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Halim mengatakan pemberlakuan pergub larangan sepeda motor justru efektif menekan kecelakaan lalu lintas dan polusi udara. Bahkan aturan tersebut juga berkontribusi membuat pengendara motor beralih menggunakan transportasi massal. "Itu berdasarkan kajian Dinas Perhubungan dan perguruan tinggi," ujarnya.

Apa pun yang nanti diputuskan Gubernur Anis, kata Halim, polisi akan mengikuti. Namun, selama pergub yang dibuat pada masa Ahok terkait dengan kendaraan roda dua itu belum dicabut, polisi tetap melarang sepeda motor melintas di Jalan M.H. Thamrin dan Medan Merdeka Barat. "Nanti kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membahas masalah ini," ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah mengatakan, pesepeda motor yang nekat melewati jalan protokol masih tetap ditilang hingga Pergub pelarangan resmi dicabut. "Iya (ditilang), kan, hasil dari keputusan MA ditindaklanjuti dengan pergub pencabutan. Kan, begitu? Nah, sekarang kan kita dalam proses pergub pencabutan," kata Andri di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Menurut Andri, Rabu (10/1/2018) besok pihaknya bersama Dirlantantas akan mengadakan rapat untuk membahas tindak lanjut keputusan MA itu. "Besok di bawah koordinasi dari biro hukum mengundang Dirlantas Polda Metro Jaya. Keputusan (tindak lanjut) ini akan dibahas pada saat rapat besok," ujarnya

Rencananya, esok usai rapat Dishub akan mulai menurunkan rambu-rambu pelarangan sepeda motor di Thamrin. "Rencananya setelah besok kita melakukan rapat kita akan menurunkan rambu-rambunya dulu. Rambu-rambu kita copot dulu, setelah itu hasil putusan rapat seperti apa kita laksanakan. Tapi yang jelas secepatnya akan kita lakukan pencabutan," ujarnya. 0 eee






Berita Terpopuler
Rabu, 20 Juni 2018