Minggu, 14 Januari 2018

Stadion Gelora Bung Karno Tampil Beda

Ist.
Beritabatavia.com - RENOVASI Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah rampung 100%. Stadion bersejarah peninggalan Presiden Republik Indonesia Soekarno pada penyelenggaraan Asian Games 1962 itu kini sudah siap digunakan sebagai venue Asian Games ke-18 pada 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Stadion yang akan menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan, serta venue cabang olahraga atletik tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini pukul 18.00 WIB, bersamaan dengan kick off pertandingan persahabatan antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia.

"Kami pastikan SUGBK yang mulai direnovasi sejak Agustus 2016 sudah selesai semua dan dapat digunakan untuk pertandingan persahabatan Indonesia melawan Islandia," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Sri Hartoyo, di Jakarta kemarin.

Wajah baru SUGBK memang menjadi magnet perhatian publik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Meski tak dibangun ulang, tambah Sri, proses renovasi SUGBK yang menelan biaya Rp760 miliar itu tetap dilakukan menyeluruh dan disesuaikan dengan standar internasional. "Saat ini SUGBK memiliki tribune penonton dengan kapasitas 76.152 penonton berbentuk single seat. Sebanyak 73.479 kursi umum, sementara 132 untuk difabel, 1.705 untuk VIP, dan 221 untuk VVIP. Untuk media juga disediakan 221 kursi," tambah Sri.

Khusus untuk Presiden dan tamu negara, kata Sri lagi, disediakan ruang presidensial yang dilengkapi kaca tahan peluru. Presiden Jokowi lewat akun Facebook resminya memuji renovasi SUGBK yang sudah selesai. Dia senang stadion itu akhirnya siap digunakan. Jokowi kemudian bicara soal wajah baru SUGBK yang dilengkapi kualitas kursi lebih bagus. "Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme," tulis Presiden. 0 MIO