Rabu, 24 Januari 2018

Kapolri Optimis Pilkada 2018 Aman & Lancar

Ist.
Beritabatavia.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian optimistis bahwa pelaksanaan rangkaian Pilkada Serentak 2018 akan berjalan aman dan lancar. Pasalnya, Polri telah cukup berpengalaman dalam mengamankan pemilu di tahun-tahun sebelumnya.

"Bahwa potensi kerawanan Pilkada ini sebetulnya tidak terlalu tinggi karena kita sudah sering Pilkada. Di tahun 2015, 2017, Pilkada berlangsung aman. Insya Allah Pilkada aman," kata Jenderal Tito di Rapim Polri hari kedua, Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Rabu (24/1/20180)

Kapolri Tito berpendapat banyaknya partai pendukung pemerintah dan partai oposisi yang mengusung bakal calon kepala daerah dinilai akan meredam friksi di antara partai tersebut.

"Rata-rata banyak yang kolaborasi partai pemerintah dengan partai oposisi mengusung calon yang sama. Potensi emosional yang muncul kemunginan dari calon yang didukung perorangan. Ini beda dengan kasus (Pilkada) Jakarta," ujarnya di sela-sela Rapim yang bertema Polri yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Serentak 2018 .

Terkait netralitas aparat, Tito telah menginstruksikan jajarannya untuk bersikap netral dalam mengamankan rangkaian Pilkada Serentak.
Pihaknya pun telah mengeluarkan 13 poin aturan netralitas Polri terkait Pilkada. Peraturan tersebut merupakan pedoman bagi jajaran Polri dalam mengamankan rangkaian Pilkada. "Saya instruksikan kepada seluruh jajaran Polri untuk netral," katanya. 0 baim

 
Berita Terpopuler