Kamis, 25 Januari 2018

Tempat Wisata Jakarta Fasilitasi Lihat Gerhana Bulan

Ist.
Beritabatavia.com - Wisatawan nusantara maupun mancanegara juga warga DKI Jakarta tidak perlu bingung memilih tempat untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan dan supermoon pada 31 Januari 2018. Pasalnya, pemerintah DKI Jakarta menyiapkan 7 tempat wisata sebagai wahana melihat bulan purnama disertai gerhana bulan total itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiati, mengatakan acara melihat gerhana bulan total ini dibuka pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00. Berikut pilihan tempatnya yang menarik antara lain:

#. Planetarium Jakarta
Planetarium Jakarta menyiapkan wahana edukasi bagi pengunjung yang ingin mengamati supermoon dan gerhana bulan total pada 31 Januari 2018. Kepala Satuan Pelaksana Teknis Pertunjukkan dan Publikasi Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) Taman Ismail Marzuki, Eko Wahyu Wibowo, mengatakan Planetarium menyediakan 11 teropong untuk pengamatan nanti. Teropong itu terdiri dari 4 untuk pelayanan pengunjung, 5 untuk cadangan, 1 untuk siaran, dan 1 untuk observasi penelitian dan dokumentasi.

"Nanti akan ada astronom yang memandu dan menerangkan proses gerhana," kata Eko melalui pesan WhatsApp, Rabu, 24 Januari 2018. Total astronom ada 22 orang, 7 di antaranya dari Planetarium dan 15 dari komunitas Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ). Planetarium di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat ini, akan dibuka pukul 17.00 WIB pada 31 Januari. Tidak ada biaya masuk alias gratis. Selain di dalam planetarium, pengunjung juga bisa melihat bulan dari taman di luar gedung.

#. Tugu Monas
Pengunjung Monas bisa menikmati bulan purnama dan gerhana dari taman Monas hingga puncak Monas. Untuk naik ke tugu dikenakan tarif seperti biasanya yaitu Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak, sedangkan di pelataran puncak atau cawan Monas cukup Rp 7.500 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak.

#. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
Sebelum melihat purnama, masyarakat dan pengunjung Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan bisa berwisata kuliner. Sore hari, panitia menyiapkan beragam makanan khas Betawi, seperti kerak telor, selendang mayang, laksa, bir pletok, dodol, kembang goyang, dan akar kelapa. "Ada juga batik betawi dan ondel-ondel mini," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Rofiqoh Mustafa. Pementasan gambang kromong, kata dia, juga bakal menghibur warga sebelum mengamati gerhana bulan. Lokasinya di Ampy Teater, Zona A. Untuk masuk ke tempat wisata di sini tidak dipungut biaya.

#. Taman Fatahillah Kota Tua
Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, Norviadi S. Husodo, mengatakan Taman Fatahillah adalah tempat wisata yang cocok untuk melihat fenomena alam ini. Pihaknya akan mengundang komunitas astronomi untuk menyediakan alat pengamatan bulan purnama serta memandu wisatawan.

#. Kepulauan Seribu
Ada banyak lokasi yang bisa menjadi tempat memandang supermoon di Kepulauan Seribu. Neneng Roaeni, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, mencontohkan Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pasir Perawan, dan Dermaga Pulau Harapan yang luas dan terbuka. "Ada juga Pantai Sakura di Pulau Untung Jawa," kata dia melalui telepon. Wisatawan juga bisa menikmati purnama di pantai dan di sekitar villa-villa di Pulau Panggang.

Ada beberapa pilihan transportasi untuk menuju ke Kepulauan Seribu. Dari Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta Utara, ada kapal kayu tradisional yang memasang tarif Rp 60 ribu per orang. Perjalanannya 2,5 jam. Di pelabuhan ini juga ada kapal cepat yang bisa membawa pengunjung cepat sampai yakni 1,5 jam. Tarifnya juga Rp 60 ribu. Pilihan lainnya adalah naik speedboad dari Marina Ancol seharga Rp 150 ribu. Jika mau ongkos lebih murah bisa naik kapal pelni dari Pelabuhan Sunda Kelapa, bisa langsung ke Pulau Pramuka. Namun waktu tempuhnya lebih lama yaitu 4 jam. Wisatawan bisa juga berangkat dari Tanjung Pasir di Tangerang dengan ongkos kapal Rp 25 ribu.

#. Taman Mini Indonesia Indah
Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk melihat supermoon dan gerhana bulan total di TMII yaitu di Tugu Api Pancasila dan area arsipel. Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Ertis Yulia, mengatakan ada 2 wahana edukasi di TMII yang cocok sebagai tempat pengamatan supermoon yaitu Skyworld dan Museum Iptek. Untuk masuk ke dua wahana itu, pengunjung bisa membeli tiket seharga Rp 16.500 untuk di Museum Iptek dan Rp 70 ribu untuk Skyworld. Pengunjung sudah bisa masuk sejak sore. "Kami akan memfasilitas supaya masyarakat bisa menyaksikan supermoon," ucap Ertis.

#. Taman Impian Jaya Ancol
Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali, mengatakan pengunjung cukup membayar tiket di gerbang Ancol untuk dapat menikmati fenomena supermoon dan gerhana bulan di pinggir pantai.

Berita Terpopuler