Sabtu, 03 Februari 2018

Korupsi Zumi Zola Perburuk Citra Selebriti Berpolitik

Ist.
Beritabatavia.com - Analis Politik UNJ Ubedillah Badrun menilai jika nanti Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola terbukti korupsi dan menyeretnya ke hotel prodeo, jelas akan memperburuk citra selebriti yang terjun dalam dunia politik. "Kasus Zumi Zola jika berujung di penjara maka makin memperburuk citra politisi berlatar artis," papar Badrun seperti  dikutip laman Inilah.com. Sabtu (3/2/2018).

Ia menjelaskan, ini sangat mungkin terjadi karena posisi politikus berlatar artis itu selalu jadi sorotan. Sedikit saja kesalahan yang dibuat, bisa berujung pada pandangan negatif dari publik.

"Tentu setiap berita negatif tentang politisi yang berlatar belakang artis akan berdampak negatif terhadap cara pandang publik terhadap artis, bahwa ternyata tidak semua politisi yang berlatar belakang artis memiliki kemampuan memimpin yang memegang teguh integritas," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Peberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola, sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi senilai Rp 6 miliyar.

Zumi Zola diduga kuat menerima gratifikasi dari sejumlah pengusaha berkaitan dengan proyek-proyek di wilayahnya dalam kurun waktu menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Selain Zumi Zola, KPK juga menetapkan tersangka ARN yang merupakan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi.

"Tersangka ZZ baik ARN maupun sendiri diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi dan penerimaan lain dalam kurun waktu sebagai gubernur Jambi 2016-2021, jumlahnya sekitar Rp 6 miliar," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (2/2/2018).

Kasus korupsi banyak menyeret nama-nama para pejabat di Indonesia. Tak cuma itu, ternyata banyak nama seleb hits Tanah Air yang juga ikut tersangkut dalam kasus korupsi yang dilakukan para pejabat. Mujur tak bisa diraih, sial tak dapat ditolak. Mungkin begitu ungkapan yang bisa menggambarkan keadaan para artis ini. Berikut 6 artis yang namanya terseret dalam kasus korupsi seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Vitalia Sesha.
Vitalia Sesha menjadi satu di antara beberapa wanita seksi di pusaran Ahmad Fathanah yang tersangkut kasus korupsi kuota impor daging sapi yang dilakukan Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Vitalia menerima hadiah mobil Honda Jazz warna putih yang diduga dibeli dari hasil pencucian uang. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menyita mobil Honda Jazz putih miliknya bernomor polisi B 15 VTA. Setelah mengalami kasus pencucian uang dan narkoba, kini Vitalia Sesha memilih berhijab.

2. Ayu Azhari.
Selain Vitalia Sesha, pengurus PKS Ahmad Fathanah juga menyeret Ayu Azhari. Ayu Azhari menerima uang sebesar Rp 20 juta dan USD 1.800 dari Ahmad Fathanah yang merupakan terpidana kasus pencucian uang dalam kuota impor daging sapi. Akibatnya, uang ribuan dolar Ayu pun disita KPK pada 2015 lalu. Ia ikhlas uang itu dikembalikan ke kas negara dan tak bisa dimintanya kembali.

3. Iis Dahlia.
Pada 2013, nama Iis Dahlia disebut dalam kasus sengketa pilkada dengan tersangka Akil Mukhtar. Iis disebut pernah menerima uang dari Akil Mukhtar. Tapi Iis mengaku menerima uang itu pada 2007 saat Akil Mukhtar menjadi calon Gubernur Kalimantan Barat. Itu berarti jauh sebelum Akil menjadi hakim konstitusi Mahkamah Konstitusi. Iis menerima uang itu sebagai bayaran karena sudah manggung di acara kampanye pilkada.

4. Jennifer Dunn.
Nama artis cantik ini terseret dalam kasus korupsi Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan, adik mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.
Ia diduga menerima hadiah berupa mobil dari hasil pencucian uang yang dilakukan Wawan. KPK akhirnya menyita satu Toyota Vellfire milik Jenifer Dunn. Pemberian mobil ini diakui Jennifer sebagai pembayaran uang muka untuk produksi sebuah film.

5. Catherine Wilson.
Catherine Wilson juga diduga menerima mobil dari Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. KPK menemukan jejak pemberian mobil Nissan Elgrand kepada artis yang biasa disapa Keket ini. Selain Jennifer Dunn dan Catherine Wilson, ada juga beberapa artis yang disebut menerima aliran dana dari Wawan, seperti Indah Dewi Pertiwi, Syahrini, Chyntiara Alona, hingga Aura Kasih.

6. Syahrini.
Yang paling baru, nama Syahrini tiba-tiba disebut dalam sidang dugaan suap pejabat pajak di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (20/3). Namanya disebut ketika jaksa mempertanyakan dokumen milik Handang Soekarno yang ditangkap saat Operasi tangkap tangan pada November tahun lalu. Pada dokumen yang disita itu, terdapat sebuah dokumen atas nama Syahrini. Syahrini pun diduga melakukan tindak pidana pajak yang ditangani Handang Soekarno. Syahrini disebut memiliki masalah pajak sebesar Rp 900 juta antara 2015 dan 2016.
Handang sendiri ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari PT EK Prima Ekspor Indonesia untuk menyelesaikan masalah pajak. 0 EEEE




Berita Terpopuler
Sabtu, 13 Oktober 2018
Senin, 15 Oktober 2018