Senin, 05 Februari 2018

Guru & 200 Murid SDN 106786 DeliSerdang Takut Gedung Sekolah Ambruk

Ist.
Beritabatavia.com - Telah memasuki usia 73 tahun merdeka, tetapi masih ditemukan gedung sekolah yang hampir ambruk karena dimakan usia dan belum pernah direnovasi. Padahal, lokasi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 106786 yang terletak di Jln Horas Ujung, Desa Sei Semayang, Kecematan Sunggal, Deliserdang itu tidak jauh dari kota Medan atau ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
 
Secara kasat mata terlihat, bangunan yang dijadikan tempat belajar sekitar 200 murid sudah tidak layak huni. Sebab sudah nyaris roboh, plafon penyangga atap seng bangunan sekolah sudah mulai busuk dan lapuk bahkan sudah nyaris patah sehingga  sewaktu-waktu dapat ambruk serta membahayakan para guru dan murid.

Ironis sekaligus menuai pertanyaan, kenapa anggaran pendidikan yang dikuncurkan pemerintah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) juga dana APBD tidak serta merta dengan tersedianya gedung sekolah yang layak. Apalagi, gedung SDN 106786 yang dibangun pada tahun 80 an itu, hingga kini belum pernah direnovasi.

Beberapa murid SDN 106786 mengaku khawatir dan takut saat mengikuti proses belajar mengajar.  Pasalnya, kondisi bangunan seperti plafon penyangga atap seng sudah sangat lapuk dan sebagian nyaris patah. "Kami takut ambruk pak, pokoknya disaat kami lewat di bawah bangunan selalu melihatnya ke atas supaya bisa cepat lari kalau roboh,” kata seorang murid kelas V  SDN 106786 itu.

Sayangnya, beberapa guru yang ditemui mengatakan, kepala sekolah sedang tidak ada ditempat. Sejumlah guru mengakui kondisi gedung yang sudah tak layak huni dan potensi menimbulkan bahaya, jika gedung mendadak rubuh.

"Khawatir roboh. Hal ini sangat membahayakan kepada murid-murid kami. Kalau sampai roboh, dan menimpa para guru pengajar terutama siswa  kami tidak tahu harus berbuat apa,” ujar seorang Guru pengajar SDN 106786.

Para guru mengakui, bahwa kepala sekolah 106786 telah melaporkan kondisi gedung yang sudah tidak layak untuk digunakan ke pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Deliserdang. Bahkan sudah mengirimkan proposal untuk renovasi gedung sekolah, tetapi hingga saat ini tidak mendapat respon.

"Kami sudah menyurati Dinas terkait, dan berharap kedepan
agar secepatnya ditindaklanjuti dan segera diperbaiki," kata seorang guru yang menolak disebut identitasnya.
 
Para guru SDN 106786 Desa Sei Semayang, Kecematan Sunggal, Deliserdang ,Sumut itu berharap, agar pihak terkait segera melakukan perbaikan. Sehingga para guru dan 200 murid tidak dibayang-bayangi ketakutan. Apalagi usia bangunan sudah cukup lama, tetapi tidak pernah di renovasi.

Namun, ditengah kondisi yang memperihatinkan itu, para guru tetap melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, meskipun disertai perasaan khawatir. O Parulian Simanjuntak