Selasa, 06 Februari 2018

Banjir Jakarta Disorot Dunia

Ist.
Beritabatavia.com -
Sejumlah kawasan di dekat Kali Ciliwung Jakarta tergenang banjir. Air tersebut merupakan kiriman dari Bogor. Akibat banjir di Jakarta tersebut, sejumlah penduduk pun terpaksa mengungsi dan bahkan dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Peristiwa banjir Jakarta itu tak hanya menjadi topik hangat pemberitaan ibu kota, tapi juga disorot dunia.

Media Singapura Straits Times yang dikutip Selasa (6/2 2018) mengangkatnya dengan judul "Jakarta residence evacuated as floods hit low-lying area". Dalam pemberitaannya, dituliskan sekitar 3.000 penduduk di daerah dataran rendah di Jakarta dievakuasi ke tempat penampungan pada hari Selasa pagi setelah hujan deras menyebabkan banjir meluas di ibu kota Indonesia dan tanah longsor di kota dekat.

Juga disebutkan di daerah seperti Cawang, Cililitan, dan Kalibata, air banjir mencapai setinggi 2 meter. Bahkan Sebanyak 6.532 jiwa mengungsi akibat rumahnya terendam yang tersebar di 31 titik pengungsian di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur

Media Filipina ABS-CBN News turut mengangkatnya dengan judul "Thousands evacuated in Indonesian capital over floods". Mereka memberitakan selain ada evakuasi akibat banjir, tengah terjadi pula tanah longsor di Bogor yang mengakibatkan delapan orang hilang.
Dalam judul "Jakarta braces for floods as two die in West Java landslides", media Australia smh.com.au menuliskan banjir Jakarta terjadi di bagian timur Ibu Kota -- di daerah yang dekat dengan Sungai Ciliwung.

Sementara media Negeri Kanguru lainnya, Sidney Morning Herald, memberitakannya dengan tajuk "Catastrophic flooding and landslides cause thousands to flee their homes". Bahkan, Laman Voice of America memberi judul artikel terkait banjir Jakarta dengan "Jakarta Braces for Floods as Landslides Kill 2".

Situs Rusia Ruptly juga tak ketinggalan mengangkat isu banjir Jakarta melalui video singkat berdurasi 00:41 detik, dalam judul "Heavy floods in Indonesia leave at least 1 dead". 0 day