Rabu, 07 Februari 2018

Ciliwung Meluap, Kura-kura hingga Ular Sanca Keluar

Ist.
Beritabatavia.com - Meluapnya sungai Ciliwung di Kampung Pulo, Jakarta Timur, membuat banyak hewan ikut keluar ke daratan. Seperti yang terjadi pada Selasa (6/2/2018) sore, warga Jatinegara menangkap dua ekor ular sanca saat sungai Ciliwung mulai surut.

"Lagi nongkrong lihat-lihat sungai habis Maghrib, lalu dua ular keluar ke jalan nyaris diinjak motor," kata Agus, warga yang menangkap dua ular, Rabu (7/2/2018).

Setelah ditangkap, kedua ular tersebut langsung dikandangkan di sebuah keranjang bekas. Mata dan mulitnya ditutup lakban agar tidak liar saat dipegang. "(Ular) panjangnya 2,3 meter dan 3 meter. Dua-duanya sanca," ujarnya.

Menurutnya, kedua ular tersebut keluar karena sarangnya di kolong jembatan sudah rusak diterjang banjir. "Ada orang yang mau bayar ular ini, saya jual Rp 500.000, ditawar Rp 400.000. Ya sudah kasihan juga, kalau dipelihara, kan, bisa dikasih makan," kata Agus.

Juga di sebuah pertokoan Jatinegara terkena dampak banjir, seorang warga menemukan kura-kura saat sedang membersihkan lumpur. "Kura-kura ini kurang tahu dari mana, tahu-tahu sudah ada di sudut tembok saja. Mungkin terbawa arus saat abnjir kemarin," ucap salah satu warga yang sedang membersihkan tubuh kura-kura tersebut dari lumpur.

Sementara warga Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, memancing ikan di sungai Ciliwung. Mereka melakukan aktivitas itu setelah air sungai Ciliwung yang sempat meluap dan menimbulkan banjir pada Senin kemarin mulai surut. Empat pria dewasa tampak memancing di sisi sungai. Mereka memasang umpan cacing dan jangkrik ke kail mata pancing. Sambil menunggu ikan terpancing, mereka asyik bercengkrama.

Erlan (42), warga setempat, sudah berhasil memancing dua ikan lele berukuran besar. Dia memancing dengan menggunakan alat pancingnya yang selama ini dititipkan di tempat pemancingan ikan. Menurut dia, ikan-ikan itu lepas dari empang pemancingan ikan. "Dapat (ikan) lele dua-duanya, gede. Ini lele di pemancingan pada lepas, pada jebol empangnya," kata Erlan sambil asyik memancing.

Di sepanjang Rawajati hingga Pasar Minggu, kata Erlan, banyak tempat pemancingan ikan. Saat Ciliwung meluap, empang tempat pemancingan itu terlimpas sehingga ikan-ikannya terbawa arus sungai. "Mungkin pada enggak nyangka banjirnya gede begini. Jadi, enggak pada persiapan," kata dia.  0 KMP