Rabu, 07 Februari 2018

Tak Bayar Pajak, 30 Mobil Mewah Dibuldoser

Ist.
Beritabatavia.com - Mobil mewah yang masuk secara ilegal dan tidak bayar pajak, dihancurkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Dia memerintahkan anak buahnya untuk menghancurkan mobil hasil sitaan otoritas setempat dengan menggunakan alat berat, buldoser.

Beberapa dari mobil tersebut adalah mobil mewah yang bernilai 115 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 1,5 miliar (nilai tukar rupiah per 7 Februari 2018) seperti dikutip carscoops.com pada Rabu (7/2).

“Berikan (besi rongsokan mobil) itu pada pembeli baja, mereka tidak bisa memiliki mobil seperti itu, tapi mereka bisa mendapatkan sesuatu, membuat mainan dari situ,” tegas Duterte.

Setelah ditelusuri pada tahun 2017, otoritas setempat berhasil mengungkap penyelundupan mobil-mobil illegal yang ditaksir mencapai 2,93 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 39,7 miliar.

Beda dari negara lain yang akan melelang mobil tersebut setelah disita oleh negara, Duterte memerintahkan untuk menghancurkan mobil-mobil yang juga tidak membayar bea masuk.

Duterte pun mengakui siap mengganti uang kerugian atas penghancuran mobil yang harusnya dilelang tersebut.

Total ada 30 kendaraan yang dimusnahkan, 20 di antaranya dihancurkan di sebuah pelabuhan di Manila, sementara 10-nya lagi ‘dibuldoser’ di pelabuhan Kota Davao, kota kelahiran Duterte.

Mobil-mobil yang dimusnahkan dengan cara diinjak buldoser tersebut di antaranya mobil klasik Corvette Stingray dan didominasi merek-merek Eropa seperti Ford, McLaren, BMW, Jaguar, Audi, Mercedes-Benz, juga tidak ketinggalan pabrikan Jepang, Lexus dan Mitsubishi. 0 LYL