Kamis, 08 Februari 2018

Kapolri: Nama Indonesia Jadi Terkenal di Argentina

Ist.
Beritabatavia.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut ditemukannya Alum Langone Avalos (7), bocah Argentina yang diduga diculik oleh Ayahnya, Jorge Gabriel Langone menjadi perbincangan di media massa Argentina.

Tito yang menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Republik Argentina, Ricardo Luis Bocalandro mengaku sangat senang bisa membantu Pemerintah Argentina dalam mengungkap kasus dugaan penculikan ini.

"Kasusnya sendiri ramai dibicarakan di sana, respon cepat polisi dan pemerintah juga ramai dibicarakan, ucapan terima kasih luar biasa, sekaligus di medsos dan media mainstream di Argentina banyak bicarakan Indonesia dalam posisi yang bagus, yakni kecepatan pemerintah Indonesia untuk membantu menemukan Alum," ujae Tito di Mabes Polri Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2018).

Tito menjelaskan alasan kasus dugaan penculikan ini ramai di Argentina karena pemerintah Argentina menilai Ayah Alum, Jorge yang membawa anaknya tanpa sepengatahuan ibunya, Elizabeth adalah kejahatan yang sensitif. Itu karena Elizabeth telah memenangkan hak asuh anak usai perceraiannya dengan Jorge.

"Kasus ini dianggap kejahatan serius untuk membawa anak di luar hak pengasuhannya. Ini isu sensitif di Argentina. Ini rame di media termasuk di medsos. Ini juga jadi spesial karena anak ini udah dibawa ke beberapa negara, dan ibunya termasuk pihak otoritas Argentina beberapa kali minta bantuan ke negara yang disinggahi. Tapi engga ada respon yang cukup," kata Tito.

Selain itu, Pemerinta Argentina bertindak cepat setelah mengetahui keberadaan Alum yang diduga berada di Indonesia. "Sehingga Ketika mereka dapat info anak (Alum) ini di Indonesia, mengirimkan info ke otoritas indonesia, dalam hal ini polri, dan mereka sempat pesimis sebetulnya, ini juga nggak direspon. Tapi Kita respon dengan cepat, interpol kita, bergerak cepat hubungi Polda Sulsel dan langsung diamankan. Kemudian segera kita bawa ke Jakarta dan diserahkan ke kedubes," sambung dia.

Kedutaan Besar Republik Argentina, Ricardo Luis Bocalandro mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan jajaran karena berhasil menemukan Alum. Menurut dia, Masyarakat Argentina tak akan melupakan bantuan dari pemerintah Indonesia dalam hal ini Polri.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang mendalam dari pemerintah Argentina untuk pekerjaan yang sangat efisien dan profesional yang telah dilakukan oleh polisi di Indonesia," kata Ricardo.

"Kami benar-benar mengapresiasi yang paling luar biasa kepada otoritas Indonesia. Jadi saya datang hari ini untuk pak Tito (Kapolri) untuk mengungkapkan rasa syukur untuk respon (menemukan Alum) ini sangat membantu pemerintah Argentina," imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, Alum Lagone Avalus (7), bocah Argentina yang dikabarkan diculik oleh Ayahnya (Jorge) ditemukan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Selasa (6/2/2018). Alum ditemukan oleh Polres Tana Toraja saat bersama Ayahnya dan pacar ayahnya.

Mantan Istri Jorge, Elizabeth melaporkan Jorge atas tuduhan penculikan terhadap putrinya, Alum Langone Alavos (7). Pemerintah Argentina meminta Interpol untuk mengeluarkan 2 red notice bagi Jorge dan Pacarnya dan 1 yellow notice untuk menyelamatkan Alum.

Pada Rabu (7/2//2018) National Central Biro (NCB) yang diwakili oleh sekretarisnya, Brigjen Pol Napoleon Bonaparte menyerahkan Alum ke Dubes Argentina untuk Indonesia, Martin Costanzo.

"Setelah penyerahan ini, kami dari pihak NCB Interpol Indonesia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Dubes, terkait kapan mau diserahkan ke ibunya (Elizabeth) itu mereka yang atur," kata Napoleon. 0 INI