Minggu, 18 Februari 2018

Usai Rayakan Imlek: Nenek, Anak dan Cucu Tewas Terpanggang

Ist.
Beritabatavia.com - TRAGIS. Satu keluarga terdiri dari nenek, anak dan cucu ditemukan tak bernyawa di dalam rumah yang hangus terbakar di Jalan Pademangan II, Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Sabtu (17/2) dinihari. Ketiganya ditemukan di lain ruangan dalam kondisi hangus akibat dilalap api yang diduga berasal dari konsleting mesin pendingin ruangan (AC).

Ketiga korban yang tewas nenek Tjung Tjai Tjin (71), Ridwan Julius (45) dan Angelina Alva Lius (17). Jasad korban gosong dan nyaris tidak dapat dikenali. “Padahal semalam kami baru berkumpul merayakan Imlek,” tutur Marco Julius, 17, kerabat keluarga dari ketiga korban saat ditemui di lokasi kejadian.

Mata pemuda keturunan Tionghoa itu terlihat merah ketika memandangi rumah yang sudah dalam kondisi hangus. “Sepupu saya memang sudah sebulan menginap di rumah nenek,” paparnya sambil melanjutkan malam itu, usai berkumpul merayakan Imlek, Angelina minta diantarkan kembali di kediaman neneknya. “Ternyata itu sebuah firasat,” katanya lagi.

Peristiwa tragis itu terjadi sekitar pukul 04.30. Seorang tetangga korban menyebutkan sebelum api berkobar, dirinya melihat percikan api dari salah satu mesin AC yang terpasang di depan rumah. “Setelah itu api langsung membesar,” katanya.

Sejumlah warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Sayang tak mampu mengatasi Si Jago Merah yang terus membesar. “Sepertinya seluruh penghuni sedang tidur sehingga tak menyadari dan sempat menyelamatkan diri,” ujar tetangga korban.

Tak berselang lama datang 10 unit mobil pemadam kebakaran dari DPK Jakarta Utara pimpinan Idrisman. Sekitar satu jam api berhasil dipadamkan. Dalam proses pendinginan itulah jasad ketiga korban ditemukan di lokasi terpisah.

Mayat Tjung Tjai ditemukan di tangga menuju lantai atas. Sementara mayat Ridwan tergeletak di dalam toilet. Dan tubuh Angelina ditemukan tertimpa lemari di dalam kamar tidur. “Rupanya Angelina terjebak saat akan menyelamatkan diri,”. tambahnya.

Oleh petugas jasad ketiganya dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati untuk keperluan otopsi. Kasus ini masih dalam pengusutan Polsek Pademangan.

Idrisman, petugas piket Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, mengatakan pihaknya tiba di lokasi 5 menit setelah adanya laporan. “Saat tiba di lokasi api sudah membesar, dan kita berusaha agar api tidak menjalar ke rumah-rumah lain,” paparnya.

Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran, dengan jumlah personel 30 orang dikerahkan dalam kebakaran tersebut. Dan dalam waktu kurang dari 1 jam, api pun berhasil dipadamkan petugas dengan dibantu warga sekitar tersebut. 0 PKO
Berita Terpopuler
Selasa, 18 September 2018
Senin, 17 September 2018