Minggu, 18 Februari 2018

Sampah Membusuk, Camat Sunggal Tak Peduli

Ist.
Beritabatavia.com - Tumpukan sampah di sejumlah lokasi khususnya di Semayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) menyebarkan aroma busuk. Sayangnya, keluhan warga belum mendapat respon dari instansi terkait,meskipun sudah beberapa kali dilaporkan.

Berdasarkan pantauan dilapangan, sampah yang bertumpuk – tumpuk memenuhi lubang sampah dan  berserakan dijalan Horas Ujung. Bahkan kondisi sampah sudah membusuk hingga mengeluarkan aroma tak sedap.

Menurut warga sekitar,  meskipun tumpukan sampah di lokasi sudah berserakan dan mengeluarkan aroma busuk, tapi petugas kebersihan belum mengangkutnya.
Sementara warga lainnya menyebut kondisi sampah semakin ruwet karena masih banyak warga yang belum sadar, sehingga membuang sampah sembarangan. Bahkan, masih ada warga yang membuang sampah di pinggir jalan .

Sebagian warga mempertanyakan keberadaan petugas kebersihan yang menggunakan kendaraan untuk mengangkut sampah. Warga berharap, petugas kebersihan Kecamatan Sunggal Deliserdang, segera mengangkut sampah yang sudah meresahkan.

Carles Nainggolan, seorang warga mengingatkan agar seluruh warga menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “ Memang banyak warga yang membuang sampah sembarangan. Sehingga sampah terus menumpuk, meskipun sudah tiap hari diangkut petugas kebersihan,” kata Carles.

Akibatnya, seluruh warga menjadi korban karena setiap hari menghirup aroma busuk yang berasal dari tumpukan sampah. Bila terus dibiarkan, maka potensi menimbulkan penyakit.

Sementara Camat Sunggal, Hendra Wijaya saat dihubungi melalui telepon genggamnnya tidak menjawab. Bahkan konfirmasi yang dikirim lewat pesang singkat (SMS), tak digubris. O Parulian Simanjuntak.